Home Nasional Mampukah Jokowi-JK Atasi Kebocoran Energi, Pangan dan Lingkungan?

Mampukah Jokowi-JK Atasi Kebocoran Energi, Pangan dan Lingkungan?

0
SHARE
Joko Widodo dan Jusuf Kalla

 

Joko Widodo, Jusuf Kalla, (Foto : Ist)
Joko Widodo, Jusuf Kalla, (Foto : Ist)

POROSNEWS.COM – Debat capres tadi malam menyita perhatian banyak pihak. Tema yang diangkat dalam debat tersebut  yaitu mengenai energi, pangan dan lingkungan.

Salah satu tanggapan datang dari sekelompok yang mengatasnamakan   Komunitas CERMIN Indonesia.

Cukup menarik dan mudah dimengerti. Sebab tawaran yang Jokowi – JK sampaikan adalah bagaimana mengkombinasikan niat baik dan perbuatan serta kemauan yang tinggi untuk mengimplementasikan kebijakan di bidang pangan, Energi dan lingkungan,”ujar Kordinator KCI, M Zakir Rasyidin dalam laporan tertulis, Minggu, (6/7).

Menurutnya, kekayaan energi bangsa Indonesia banyak dirampok oleh para mafia. Selain itu,  masalah pangan sering kali mengalami krisis padahal Indonesia salah satu negara terbesar di dunia yang memiliki lahan agraris terluas.

“Namun faktanya beras dan bawang pun kita impor dari negara luar. Artinya pemerintah kita tidak memiliki komitmen yang jelas untuk memandirikan pangan dari intervensi asing. Jika pangan kita saja sudah Jadi Komoditas asing, bagaimana bisa sejahtera rakyatnya?,”tandasnya.

Soal lingkungan, sambung dia, setiap tahun mengalami peningkatan kerusakan dan hal itu terjadi karena tidak ada sanksi yang tegas dari pemimpin negeri ini. Meskipun undang-undangnya baik, jika lobi-lobi dan permainan busuk masih mendominasi, Maka tetap saja lingkungan kita hancur.

“Karena sudah menjadi fakta empiris kalau di negara kita ini Banyak tambang, meskipun penelitian AMDAL – nya berbahaya, tetap saja dilaksanakan karena itu tadi, banyaknya kepentingan,”katanya.

“Jadi apa yang disampaikan oleh Pasangan No Urut 2 jokowi – JK saya kira mampu memberikan harapan segar untuk perbaikan 3 komponen tersebut yaitu Energi, pangan dan Lingkungan,”tutupnya. (Bhakti)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY