Home DUNIA Yusuf Qardhawiy Nilai Khilafah Bentukan ISIS Cacat Syariat

Yusuf Qardhawiy Nilai Khilafah Bentukan ISIS Cacat Syariat

0
SHARE
Yusuf al-Qardhawi Foto: IST
Yusuf al-Qardhawi Foto: IST
Yusuf al-Qardhawi
Foto: IST

POROSNEWS.COM – Syeikh Yusuf Al-Qaradawiy, salah satu ulama terpenting gerakan Ikhwanul Muslimin mengatakan, pengumuman organisasi daulah islam yang menguasai sebagian besar wilayah Irak dan Suriah untuk mendirikan sebuah “Khilafah” adalah bathil menurut syariat.

Pernyataan dari Persatuan Ulama Internasional, yang dipimpin oleh Qaradawiy mengungkapkan bahwa langkah yang diambil oleh organisasi Daulah Islam akan berdampak serius terhadap umat Sunni di Irak dan revolusi di Suriah.

Persatuan Ulama Internasional juga menilai bahwa deklarasi kekhalifahan dan penunjukan Abu Bakar al-Bahgdadi sebagai khalifah umat islam tidak memenuhi beberapa syarat legitimasi, terutama asas keberadaan khalifah sebagai wakil dari umat islam secara keseluruhan serta asas musyawarah. Apalagi khilafah itu berhubungan dengan organisasi daulah islam yang terkenal ekstrim, yang bisa menyebabkan kerusakan dengan melegitimasi khilafah tersebut.

Sebuah pernyataan menjelaskan, khilafah dari sisi legitimasi dan yurisprudensi berarti substitusi, dan khalifah secara etimologi dan terminologi adalah wakil dari umat islam. Subsitusi ini tidak sah kecuali umat islam secara keseluruhan mempercayakannya kepada khalifah. Maka pengumuman khilafah oleh sekelompok gerakan tidak cukup dijadikan tendensi untuk mengangkat seorang khalifah.

Sebagaimana ‘International Union of Muslim Scholars’ tersebut juga menilai bahwa pengumuman faksi tertentu -apapun- untuk khilafah adalah sebuah pengumuman bathil secara syara’, tidak berdampak pada legitimasi, bahkan akan berdampak serius terhadap umat Sunni di Irak dan revolusi di Suriah. (PN/EGI)

Sumber: Shorouk

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY