Home Nasional Panwaslu Bekasi Temukan Ribuan DPT Ganda

Panwaslu Bekasi Temukan Ribuan DPT Ganda

0
SHARE
DPT/IST

 

DPT/IST


POROSNEWS.COM – Panitia Pengawas Pemilu Kota Bekasi menemukan ribuan Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda yang tersebar di tiga wilayah tempat pemilihan.

Mahmud Permana, Komisioner Panwaslu Kota Bekasi, mengatakan,  temuan DPT ganda ini sudah sering ditemukan tiap tahunnya sepanjang berlangsungnya pemilu.

Dijelaskan olehnya, DPT ganda itu ditemukan di tiga titik berbeda di tiga Kecamatan diantaranya, Kecamatan Jatiasih, Bantargebang dan Bekasi Barat.

“Angkanya itu ada ribuan tapi jelasnya datanya ada di Kantor. Nanti saja ke kantor untuk data jelasnya,”ungkapnya, Rabu (9/7/2014).

Dijelaskan olehnya, DPT ganda itu ditemukan di sejumlah TPS yang ada di tiga wilayah itu dengan ketentuan yakni, Niknya sama, daftar nama pemilih ganda dan orang meninggal masih dimasukan ke dalam DPT tersebut.

“Kejadian ini telah kami laporkan kepada KPU untuk tindak lanjuti. Namun, kejadian ini sudah sering terjadi dan tidak ada tanggapan dari KPU,”jelasnya.

Diakui dirinya, dengan DPT ganda ini jika tidak ditindak lanjuti akan berdampak pada kecurangan seperti dimanfaatkan kertas suara itu untuk dicoblos oleh oknum kubu tertentu.

“Bahaya kalau dibiarkan. Takutnya akan berpotensi penggelebungan suara,”ujarnya.

Selain itu, dengan banyaknya DPT ganda itu dapat membuat persentase golput tinggi padahal, itu adalah kesalahan dari KPU yang mestinya tidak diperhitungkan menjadi angka golput.

“Iya akan mempengaruhi angka golput nantinya,”katanya.

Lanjut dia, mesti beredar DPT ganda itu, kata Mahmud, pihaknya belum bisa memastikan temuan itu merupakan tindak kecurangan yang dilakukan dengan sengaja. (Pras/Okz)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY