Home Nasional Hukum Survei LSI : Jokowi-JK Menang Telak di 5 Provinsi

Survei LSI : Jokowi-JK Menang Telak di 5 Provinsi

0
SHARE
pasangan capres-cawapres, Joko Widodo dan Jusuf Kalla, Foto : Ist
pasangan capres-cawapres, Joko Widodo dan Jusuf Kalla, Foto : Ist
pasangan capres-cawapres, Joko Widodo dan Jusuf Kalla, Foto : Ist

POROSNEWS.COM, JAKARTA – Pemilu presiden (pilpres) baru saja digelar beberapa waktu lalu, namun demikian sejumlah lembaga survei berdasarkan hasil hitung cepatnya yang diklaim akurat sudah mempublikasikan hasil kerja akademis tersebut. Salah satunya adalah Lingkaran Survei Indonesia (LSI).

Peneliti LSI Ardian Sopa mengatakan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) yang diusung dari poros koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengatakan bahwa pasangan capres-cawapres nomor urut 2 itu unggul di 5 Provinsi di Indonesia, sedangkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa unggul di 2 Provinsi di Indonesia.

“Kami melakukan penghitungan di tujuh provinsi besar di Indonesia, dan hasilnya Jokowi-JK menang di lima provinsi dan Prabowo-Hatta menang di dua provinsi,” kata Ardian di Jakarta, Rabu, 9 Juli 2014.

Lebih lanjut Ardian menjelaskan, pasangan Jokowi-JK menang mutlak dibasis-basis tradisional PDIP. Di Provinsi DKI Jakarta, pasangan Jokowi-JK meraup suara sebesar 54,71 persen, kemudian di Jawa Tengah sebesar 67,10 persen, di Jawa Timur sebesar 53,65 persen, lantas di Sumatera Utara sebesar 59,77 persen di Sulawesi Selatan yang merupakan kampung halaman JK, pasangan ini mendulang suara sebesar 71, 82 persen.

“Jawa Tengah memang basis PDIP. Kemudian Jatim adalah basis Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang menjadi pendukung utama Jokowi-JK, dan Sulsel adalah basis terbesar Jokowi,” tambahnya.

Sebaliknya pasangan Prabowo-Hatta, unggul telak di Provinsi Jawa Barat dan banten. DI Provinsi Jawa Barat sendiri adalah salah satu basis massa Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan pada pilpres kali ini, PKS adalah mitra koalisi pengusung pasangan Prabowo-Hatta. Pasangan Prabowo-Hatta menang di Provinsi Jawa Barat dengan perolehan suara 59,80 persen dan Banten dengan 58,73 persen.

Menurut data LSI, dari jumlah pemilih sebesar 188.246.645 orang dan jumlah tempat pemungutan suara sebanyak 478.833 tempat, maka diambil sampel 8.000 responden di 2.000 TPS, yang tersebar secara proporsional dan dipilih secara acak di seluruh Indonesia. (BAS/PAN). 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY