Home RAGAM Gaya Hidup Status Tersangka Eddies Adelia Terlalu Dini

Status Tersangka Eddies Adelia Terlalu Dini

0
SHARE
Eddies Adelia/IST
Eddies Adelia/IST

POROSNEWS.COM – Kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang menerpa artis cantik Eddies Adelia kini berbuntut panjang. Sebab berkas perkara tersebut dianggap rampung oleh pihak Polda Metro Jaya. Artinya sudah siap dilimpahkan ke kejaksaan.

Dalam berkas perkara itu, Eddis diduga melakukan tindakan Pidana pencucian uang sebagaimana tertera dalam UU No 8 tahun 2010 tentang pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Eddis terancam hukuman 5 tahun penjara.

Akan hal itu, praktisi hukum Muhammad Zakir Rasyidin yang juga kuasa hukum Eddies berpendapat bahwa apa yang dilakukan oleh Eddis Adelia masih tergolong wajar. Karena posisinya hanyalah istri dari suaminya yang tersangka. Artinya bukan teman, atau pihak yang punya kepentingan untuk mengaburkan asal-usul kekayaan.

Sehingga penerapan Pasal 5 ayat 1 UU No 8 tahun 2010 tentang TPPU dianggap tidak tepat.

“Tidak semua istri harus tahu suami dapat uang dari mana sehingga uang yang didapatkan dari tindak kejahatan pun terkadang tidak harus diketahuinya. Nah, masalahnya sekarang, Eddis yang berkali-kali mengatakan tidak tahu suaminya kerja apa dalam pemeriksaanya, kok bisa secepat itu dijadikan tersangka,”katanya kepada PorosNews, Senin, (15/9).

Menurutnya perlu ada kajian mendalam mengenai penerapan Pasal 5 ayat 1 tersebut sebab jika Eddis benar-benar tidak tahu asal usul kekayaanya/uang suaminya, maka sanksi pidana terlalu dini untuk dihadiahkan kepadanya.

“Menurut hemat saya, sangat tidak layak, karena penerapan hukum yang seperti itu jauh dari rasa keadilan,”tandasnya.

Karenanya, ia berharap agar hakim memutuskan perkara tersebut tidak mengacu pada asumsi dan dugaan semata melainkan aspek nurani tak diboleh diabaikan.

“Eddis adalah istri sah, kalau kita ingin hukum ini ditegakkan secara benar, kenapa istri-istri pejabat tinggi yang terlibat korupsi jarang sekali diproses hukum? Padahal kan kalau kita ingin menduga-duga, bisa saja mereka harus tahu asal usul kekayaan suami,”terangnya lagi. (RK)

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY