Home EKONOMI Bisnis Indonesia Sasaran Market Industri Kreatif Mancanegara

Indonesia Sasaran Market Industri Kreatif Mancanegara

0
SHARE
Kerajinan/ist
Kerajinan/ist
Kerajinan/ist

Jakarta, PorosNews.com – “Dalam lima belas tahun terakhir, Indonesia menjadi sasaran market bagi produk-produk kreatif  turunan dari industri kreatif inti mancanegara,” ujar Kasudin Perindustrian dan Energi Jakarta Timur Dra. Tuti Kurniati, Ms.i. Pernyataan itu disampaikannya pada “Ajang Kreasi Indutri Jakarta Timur 2014” yang digelar tanggal 23 September 2014, di halaman parkir kantor Walikota Jakarta Timur, diikuti oleh 30 peserta industri kreatif.

Menurutnya kreativitas manusia adalah sumber daya ekonomi utama dan industri abad 21 akan tergantung pada produksi pengetahuan melalui kreativitas dan inovasi, saat ini prestasi yang pretisius terus berkembang diraih oleh para pelaku kreatif. Kondisi ini merupakan sebagian dari indikasi perkembangan inudustri dan ekonomi kreatif Indonesia.

“Kondisi ini sangat penting untuk dipetakan atau didokumentasikan, selain untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya industri kreatif, juga untuk dapat menjadi lebih baik dalam mengevaluasi kegiatan yang sudah dilaksanakan dan dalam penyusunan langkah-langkah pengembangan selanjutnya” papar Tuti.

Indonesia sebagai salah satu negara besar di Asia Tenggara, berada pada letak Geografis yang sangat strategis, berada di antara dua benua, Benua Asia dan Benua Afrika, dua samudera, Samudera Hindia dan Samudera Pasifik sudah pasti terkena Era Globalisasi.

“Karena Indonesia adalah pintu perdagangan dan tempat persinggahan lintas benua. Intinya, Indonesia adalah negara yang mengalami dampak dari segala perubahan yang ada di dunia ini. Tidak terkecuali, perjanjian AFTA yang dibuat oleh Persatuan Negara-Negara Asia Tenggara “ paparnya.

Pada “Ajang Kreasi Indutri Jakarta Timur 2014”, Karya-karya industri yang berkembang di wilayah di Jakarta Timur dipamerkan industri fashion, kerajinan kayu, mebell, kuliner, handy craft dan batu aji. Dan dibuka oleh Walikota Jakarta Timur Drs. Krisdianto, MS.i, “Ajang kreasi Industri” diselenggarakan oleh Suku inas (Sudin) Perindustrian Jakarta timur, melibatkan beberapa IKM dan UKM dari wilayah jakarta timur, tidak saja memamerkan karya-karya industri namun diperlihatkan pula bagaimana proses pembuatannya.

Menurut Tuti Kurniati, Ms.i kepada wartawan , acara ini bisa meningkatkan daya jual dan kreatifitas para pengrajin untuk lebih berkembang lagi. Sebab industri kreatif dipandang semakin penting dalam mendukung kesejahteraan dalam perekonomian Sementara pada Kamis (25/September 2014) di tempat yang sama digelar pula “Festival Industri Kreatif”, diikuti 40 peserta stand industri unggulan jakarta timur seperti industri dibidang fashion, mebel, batu aji, dan kayu.

Festival Industri Kreatif dimeriahkan oleh beberapa kesenian betawi, , fashion abang none Jakarta, musik bahkan akan ada pagelaran musikalisasi puisi dari salah satu teater di Jakarta serta ada pemutaran film hasil karya peserta stand. Untuk memeriahkan acara ini diadakan pula aneka lomba seperti, lomba menata both, lomba promo produk dari para peserta stand, dan lomba melukis di media kaos, semua terbuka untuk umum. (BY)

 

 

 

 

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY