Home Nasional Rhoma: Pemilihan Tak Langsung Lebih Konstitusional

Rhoma: Pemilihan Tak Langsung Lebih Konstitusional

0
SHARE

rhoma nyapresPOROSNEWS.COM – Raja dangdut, Rhoma Irama menilai pemilihan kepala daerah melalui DPRD jauh lebih konstitusional dibanding pemilihan langsung. Rhoma beralasan bahwa sistem tersebut sudah selaras dengan bunyi Pancasila UUD 1945 sila ke-4 yakni, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam pemrusyawaratan perwakilan.

“Yang mana yang baik dan yg buruk saya rasa dua-duanya sama. Justru begini kalau kita lihat konstitusi yang benar itu DPRD secara konstitusional (UUD sila ke-4).

“Artinya perwakilan yang berhak memilih itu. Jadi itu demokratis. Lebih konstitusional kalau bicara soal konstitusi,”ungkap pria berjuluk ksatria bergitar itu kepada wartawan, di bilangan Kuningan, Jumat, (26/9).

“Langsung ya demokratis, DPRD juga demokratis. Tetapi yang lebih konstituonal ya PRD sesuai dengan sila ke-4 tadi,”tambahnya.

Berbicara potensi penyelewengan dalam sistem itu, pria kelahiran Tasikmalaya, 11 Desember 1946 itu mengaku tidak khawatir. Pasalnya, potensi korupsi tersebut bakal menjadi garapan lembaga pengawas di Indonesia yang saat ini dipandang lebih komprehensif.

“Kan fungsi DPR itu mewakili rakyat. Sudah ada lembaga pengawas ada ICW, KPK, LSM-LSM  juga banyak, sistem pengawasan itu jauh lebih komprehensif untuk mengantisipasi praktik-praktik korupsi itu,”terangnya.

Yg pasti secara konstitusional DPRD bukan langsung. Bahwa ada di uu presiden dipilih langsung tetapi kepala daerah, bupati walikota gubernur dipilih secara demokratis. Demokratis ini bisa langsung bisa DPRD. (Egi)

Komentar Anda