Home Nasional Hukum Lelaki Pasar Kliwon Pelaku Bom Sarinah

Lelaki Pasar Kliwon Pelaku Bom Sarinah

0
SHARE

POROS – Bahrun Naim bukan nama baru. Lelaki asal Pasar Kliwon Solo ini, pernah masuk bui karena terkait aksi terorisme dan kepemilikan amunisi secara ilegal.

Ia pernah dibui gara-gara aksi itu pada 2011. Pada 2014 bebas, Bahrun Naim berangkat ke Suriah dan bergabung dengan Raqaa.

Dan kemarin, Kapolda Metro Jaya Inspektur Tito Karnavian menyebut Bahrun Naim, berada di balik serangan teror bom dan penembakan di kawasan Sarinah dan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis 14 Januari 2016.

“Bahrun ingin membentuk khatibah nusantara, yang meliputi Asia Tenggara sehingga dia ingin rancang serangan di Indonesia sehingga dikatakan sebagai pemimpin,” kata Tito di Istana Negara, Kamis, 14 Januari 2016.

Bahrun bernama lengkap Muhammad Bahrun Naimm Anggih Tamtomo.

Namanya terjejak pertama sebagai pengunggah video berdurasi 9 menit, berisi orasi seseorang yang diduga Santoso, yang mengancam akan meledakkan Kantor Kepolisian Polda Metro Jaya, juga Istana Merdeka.

Dalam video yang terdapat di jejaring sosial Facebook itu, Santoso pun berupaya mengajak masyarakat untuk mendukung dan bergabung dengan Daulah Islamiyah. 

Video yang sempat dibagikan hingga 97 kali oleh netizen dan diunggah oleh akun Facebook bernama Muhammad Bahrun Naim Anggih Tamtomo tersebut akhirnya diblokir pemerintah.

Itu terjadi setelah ia pulang dari Suriah, dan bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) pada 2014.

Tak hanya di sosial media, Bahrun rajin menulis. Di blognya yang masih aktif, Bahrun Naim mengklaim sebagai analis, strategi, dan kontra intelijen.

Tulisan yang menarik, selain soal tehnis membangun sel sistem dan sniper, Bahrun membuat analisa dari serangan di Paris yang menewaskan 130 orang pada 13 November 2015.

Tulisan yang berjudul “Pelajaran dari Serangan Paris” yang dipublikasikan pada 15 November—hanya terpaut dua hari dari tragedi Paris.

Di blognya itu, Bahrun menyebut serangan itu menakjubkan, juga inspiratif. (Tempo.co.id)

Komentar Anda