Home EKONOMI Bisnis ESDM Akui Listrik Indonesia Kalah Dibanding Asing

ESDM Akui Listrik Indonesia Kalah Dibanding Asing

0
SHARE

POROS – Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral/ESDM, Jarman, mengakui jika kapasitas kelistrikan Indonesia masih dibawah negara-negara tetangga.

Hal itu terlihat dari rasio elektrifikasi yang belum mencapai angka 90 persen. Padahal negara tetangga rasio elektrifikasi terendahnya mencapai angka 99 persen.

“Tingkat kapasitas listrik Indonesia hingga saat ini menjadi yang terendah di Asia Tenggara, di mana kapasitas listrik di Indonesia belum menyentuh angka 90 persen,” terangnya di Jakata, Selasa (26/1/2016).

Dia mencontohkan, Singapura. Dimana negara yang terdekat dengan Indonesia itu telah mencapai 100 persen. Sedangkan Brunei Darussalam yang mencapai 99,7 persen, Thailand sudah di angka 99,3 persen. Malaysia juga telah 99 persen, dan bahkan Vietnam telah mencapai 98 persen.

Pemerintah sendiri telah mencanangkan program kelistrikan 35 ribu Mega Watt, hal itu diyakin dapat membatu kelistrikan di tanah air. Hingga akhir tahun 2015, ada beberapa pembangkit yang telah selesai dibangun. Sehingga dipercayai dapat membantu.

“Ditahun 2016, kita akan naikan rasio 90 persen, guna mengaliri listrik diseluruh Indonesia,” tutupnya. (RZ/migasnesia.com)

Komentar Anda