Home Nasional Kabar Parlemen Senator Ayus Sebut Lingkungan Riau Perlu Direstorasi

Senator Ayus Sebut Lingkungan Riau Perlu Direstorasi

0
SHARE
Senator asal Provinsi Riau Intsiawati Ayus (Foto/Facebook)

POROS, Setiap musim kamarau tiba kebakaran lahan timbul dan ketika memasuki musim penghujan tiba Provinsi Riau selalu diterjang banjir. Kejadian tersebut terus berulang sepanjang tahun. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan restorasi lingkungan di Riau sebab saat ini alam Riau sudah tidak berimbang lagi. Demikian disampaikan senator asal Riau Intsiawati Ayus di Jakarta, Rabu (2/10/2016).

Ayus begitu anggota DPD ini akrab disapa melanjutkan persoalan lingkungan yang terjadi di Provinsi Riau sudah cukup parah karena itu membutuhkan perbaikan dan solusi dalam waktu dekat.

Salah satu persoalan jangka dekat yang membutuhkan perhatian dan solusi cepat adalah masalah banjir yang kerap melanda saat musim hujan tiba. Untuk mengatasi hal tersebut ia meminta koordinasi dan sinergitas lintas sektoral dalam mengurai masalah tersebut.

“Untuk solusi banjir yang semakin parah ini harus dilakukan evaluasi dan koordinasi lintas provinsi/lintas sektoral karena sumber masalahnya di kawasan hulu yang terletak provinsi Sumatera Barat,” ujar Ayus.

Dia pun menyinggung sejumlah faktor pemting yang perlu mendapat perhatian pemerintah daerah agar mampu mendeteksi hal-hal yang perlu dibenahi.

“Kawasan tangkapan air dan penyanggah (greenbelt), yaitu kawasan hutan di sekitar waduk Koto Panjang perlu dievaluasi jangan-jangan sudah mengalami kerusakan ekologis yang parah sehingga tidak bisa mengurangi resiko banjir,” terang Dia.

Selain itu, Dia berharap Kepala Daerah yang wilayahnya berdekatan pada waduk tersebut agar melakukan evaluasi dan koordinasi untuk memperbaiki guna mengantisipasi banjir untuk ke depannya.

“Selain itu Kepala-Kepala Daerah yang keberadaan wilayahnya di sekitar waduk tersebut dan menjadi langganan banjir sejak lama segera melakukan evaluasi tata ruang untuk mengantisipasi keadaan yg sama di masa depan,” papar Dia.

Ayus pun mengaku, pihaknya telah memberitahu masalah tersebut kepada Menteri Kesehatan dan Sosial agar bisa membantu mengatasi masalah banjir.

“Saat ini saya sudah memberitahu kepada Menteri Kesehatan dan Menteri Sosial untuk secara serius membantu penanganan bencana ini,” tandasnya. (Bhd)

Komentar Anda