Home PEMILU Februari 2017, 101 Daerah Ikuti Pilkada Serentak

Februari 2017, 101 Daerah Ikuti Pilkada Serentak

0
SHARE
Ketua KPU Husni Kamil Manik, Pertama dari Kanan (Antara Foto)

POROS, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia telah merancang tahapan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) serentak tahan kedua yang akan dilaksanakan pada bulan Februari tahun 2017 mendatang.

Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan pemilukada serentak tahap kedua yang akan dilaksanakan pada bulan Februari tahun 2017 akan diikuti 101 daerah. Husni juga mengaku pihaknya sudah merancang tanggal pemungutan suara.

“Untuk Pelaksanaan Pilkada 2017, yang kita bahas ada dua alternatif, yakni tanggal 8 atau 15 februari 2017,” kata Husni seperti dikutip dari situs resmi KPU, Kpu.go.id belum lama ini.

Mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) melanjutkan sejauh ini pihaknya masih melakukan penelitian apakah tanggal pencoblosan suara yang dirancang pihaknya berbarengan dengan perayaan haru besar nasional atau keagamaan.

“Jadi untuk 101 daerah yang akan melakukan pemilihan, tidak terkendala akibat hari yang telah ditetapkan secara nasional itu,” tandas Husni.

Informasi yang dihimpun redaksi, tahapan pemilukada serentak tahun 2017 sudah akan dimulai pada bulan Maret 2016. Tahap pertama adalah pembahasan mengenai regulasi pemutakhiran data pemilih dan pengangkatan penyelanggara pemilu.

Setelah tahap tersebut selesai, KPU di berbagai daerah akan memasuki tahap kedua yaitu penyerahan dukungan dari pasangan calon kepala daerah non partai politik. Selanjutnya pada bulan September KPU di berbagai daerah akan membuka pendaftaran pasangan calon.
Kemudian dilanjutkan dengan tahapan kampanye, minggu tenang dan pencoblosan pada bulan Februari tahun 2017.

Adapun 101 daerah yang akan melaksanakan pemilukada serentak tahap kedua terdiri dari 7 provinsi, 17 kota dan 77 kabupaten. Pada tahun 2017 ada 4 provinsi yang sama sekali tidak menggelar ajang pemiluka, mereka adalah Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat dan Provinsi Riau. (Tang)

Komentar Anda