Home Nasional Metropolitan Akbar Tandjung: Yang Bisa Saingi Ahok Cuma Risma dan Ridwan Kamil

Akbar Tandjung: Yang Bisa Saingi Ahok Cuma Risma dan Ridwan Kamil

0
SHARE

POROS – Partai NasDem menjadi partai pertama yang memberikan dukungan politik kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam pemilihan kepala daerah Provinsi DKI Jakarta yang akan dihelat pada Februari tahun 2017 mendatang.

Partai besutan Surya Paloh itu mengaku memberikan dukungan kepada Ahok murni tanpa syarat. Sebaliknya sebelum mendapatkan dukungan Partai NasDem, Ahok bersama dengan pendukungnya sudah melakukan gerilya politik dengan mengumpulkan sekitar 500 ribu lebih foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan tanda tangan warga DKI Jakarta. Langkah tersebut diambil karena Ahok ingin maju sebagai calon gubernur (cagub) lewat jalur independen.

Selain Ahok, nama-nama tokoh nasional dan kepala daerah juga santer dan masuk dalam bursa Pilgub DKI Jakarta, diantaranya adalah Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung dan Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya yang juga kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jakarta sendiri secara resmi baru akan membuka pendaftaran pasangan calon kepala daerah pada bulan September tahun 2016. Namun demikian tahapan pilkada DKI Jakarta sudah akan dimulai pada April tahun ini.

Politikus ternama tanah air Akbar Tandjung mengakui dinamika perpolitikan di Jakarta cukup tinggi. Betapa tidak, Jakarta bukan hanya sebatas salah satu provinsi saja melainkan sebagai ibukota Indonesia. Dalam kedudukannya itu posisi Jakarta menjadi begitu strategis dan kerap menjadi tolak ukur konstelasi perpolitikan nasional.

Bagi Akbar, Jakarta memiliki karakteristik sendiri yang berbeda dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Sebagai ibukota negara tentu saja Jakarta identik dengan kemajemukan. Selain itu Jakarta juga memiliki persoalan yang tidak sedikit, karena itu calon gubernur yang akan maju dalam pilgub DKI Jakarta harus memiliki kemampuan dalam menuntaskan persoalan tersebut.

Kemampuan yang dimaksud Akbar bukan hanya terbatas dalam tataran konsep semata, melainkan calon tersebut sudah memiliki pengalaman dalam menata kota atau daerah di Indonesia. Dari banyak nama-nama calon kepala daerah yang muncul, hanya ada dua tokoh yang sanggup mengimbangi Ahok, yaitu Ridwan Kamil Wali Kota Bandung dan Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya.

“Kalau dibandingkan dengan Ahok, saya nilai Ridwan Kamil dan bu Risma itu sepandang. Gampangnya Aple to aple lah,” kata Akbar kepada PorosNews.com, baru-baru ini.

Akbar melanjutkan baik Ridwan Kamil dan Tri Rismaharini sudah memiliki pengalaman dalam memimpin daerah.Mereka sambung Akbar sudah memiliki kinerja cukup bagus dalam menata dan memimpin daerahnya masing-masing.

Namun demikian, dunia politik penuh dengan kejutan yang tidak terduga. Banyak keputusan penting yang terjadi saat injury time. Akbar juga menyerahkan sepenuhnya kepada warga Jakarta untuk memilih pemimpinnya.

“Apakah Ridwan Kamil dan bu Risma akan maju dalam pilgub Jakarta? Kita kan belum tahu. Kita tunggu saja. Yang jelas keduanya punya pengalaman dalam membangun dan menata kota,” tandas Akbar.

Komentar Anda