Home PEMILU Pilkada Didi Supriyanto: Putusan MK dalam PHP Kada Kalteng Sudah Tepat

Didi Supriyanto: Putusan MK dalam PHP Kada Kalteng Sudah Tepat

0
SHARE
Pasangan calon Sohib berfoto bersama kuasa hukumnya Didi Supriyanto di MK (Foto/Bahaudin Marcopolo)

POROSDidi Supriyanto salah satu kuasa hukum pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto SabranHabib Said Ismail (Sohib) mengaku tidak terkejut dengan amar putusan Mahkamah Konstitusi yang menolak gugatan perselisihan hasil pemilihan kepala daerah (PHP Kada) yang diajukan pasangan calon Willy M YosephHM Wahyudi Anwar (Wibawa).

“Saya nilai sudah tepat dan MK Konsisten,” katanya kepada wartawan usai sidang pembacaan amar putusan sengketa PHP Kada Kalimantan Tengah di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Senin (7/3/2016).

Didi melanjutkan amar putusan yang dibacakan MK sesuai dengan ketentuan pasal 158 UU No. 8 tahun 2015 tentang Pilkada dan peraturan turunannya saat mengadili syarat formal pengajuan sengketa PHP Kada di MK.

Namun demikian baginya persoalan yang paling penting pasca terbitnya amar putusan tersebut adalah bagaimana mengimplementasikan putusan tersebut agar pemerintahan baru di Kalimantan Tengah segera diwujudkan.

“Nah sekarang jadi tugas KPUD setempat buat rapat pleno dan tetapkan pasangan Sugianto Sabran dan Habib Said Ismail sebagai pemenang kemudian diajukan untuk segera dilantik,” sambung Didi.

Masih kata Didi dengan terbitnya amar putusan tersebut ia berharap segenap jajaran pemangku kepentingan dan rakyat Kalimantan Tengah bersatu padu, bahu-membahu membangun Kalimantan Tengah.

“Ini kan sudah ada kepastian hukum, maka masyarakat dan pemangku kepentingan harus bersatu,” demikian Didi.

Untuk diketahui MK secara resmi menolak gugatan PHP Kada yang diajukan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Willy M Yoseph-HM Wahyudi Akbar. Majelis menilai gugatan yang diajukan pasangan calon nomor urut dua tidak memenuhi syarat (TMS) karena selisih suara melebihi ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang dan aturan turunannya.

Pantauan PorosNews.com di lapangan, ratusan pendukung pasangan calon Sugianto Sabran-Habib Said Ismail bersuka cita menyambut putusan tersebut. Gema salawat berkumandang dari gedung MK. Sementara itu sebagian pendukung yang berada di luar meluapkan kegembiraan dengan mengucapkan syukur, saling berjabat tangan dan berfoto bersama.

Seperti diberitakan PorosNews.com sebelumnya, KPU Kalimantan Tengah dalam rapat pleno pada Sabtu (6/2/2016) menetapkan pasangan Sugianto Sabran-Habib Said Ismail (Sohib) sebagai pemenang dalam pilkada Kalteng dengan raihan suara sebanyak 518.895 suara atau (51,52%). Sedangkan pasangan calon Willy M Yoseph-Wahyudi Akbar meraih suara 488.218 suara atau (48,48%).

Adapun perbedaan suara terpaut 3,5%. Berdasarkan ketentuan dan aturan hukum, gugatan hasil pemilihan kepala daerah bisa dilanjutkan dengan selisih suara sekitar 1,5%. Namun demikian pasangan calon kepala daerah nomor urut dua tetap bersikukuh mendaftarkan gugatan PHP kada di MK. Hasilnya gugatan pasangan nomor urut dua ditolak MK.

Komentar Anda