Home PEMILU Pilkada MK Tolak Gugatan Wibawa, Ratusan Pendukung Sohib Lantunkan Salawat

MK Tolak Gugatan Wibawa, Ratusan Pendukung Sohib Lantunkan Salawat

0
SHARE
Pasangan Sohib bersama kuasa hukumnya Didi Supriyanto di Mahkamah Konstitusi (Foto/Bahaudin Marcopolo)

POROS – Ratusan pendukung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto SabranHabib H Said Ismail (Sohib)tidak kuasa menahan rasa haru bercampur gembira ketika Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan yang diajukan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Willy M YosephHM Wahyudi Anwar (Wibawa).

Dalam sidang dengan agenda pembacaan amar putusan sengketa perselisihan hasil pemilihan kepala daerah (PHP Kada) pada Senin (7/3/2016), Majelis dengan tegas menolak gugatan yang diajukan pasangan calon Wibawa lantaran dianggap tidak memenuhi syarat (TMS).

Begitu majelis membacakan amar putusan takbir dan salawat bergema di MK. Selain melantunkan salawat, ratusan pendukung pasangan calon kepala daerah nomor urut pertama terlihat sumringah. Sebagian dari mereka ada yang mengucap syukur, saling menyalami dan berfoto bersama.

Seperti diberitakan PorosNews.com sebelumnya, KPU Kalimantan Tengah dalam rapat pleno pada Sabtu (6/2/2016) menetapkan pasangan Sugianto Sabran-Habib Said Ismail (Sohib) sebagai pemenang dalam pilkada Kalteng dengan raihan suara sebanyak 518.895 suara atau (51,52%). Sedangkan pasangan calon Willy M Yoseph-Wahyudi Anwar meraih suara 488.218 suara atau (48,48%).

Adapun perbedaan suara terpaut 3,5%. Berdasarkan ketentuan dan aturan hukum, gugatan hasil pemilihan kepala daerah bisa dilanjutkan dengan selisih suara sekitar 1,5%. Namun demikian pasangan calon kepala daerah nomor urut dua tetap bersikukuh mendaftarkan gugatan PHP kada di MK. Hasilnya gugatan pasangan nomor urut dua ditolak MK.

Komentar Anda