Home Nasional Daerah Rizal: INPEX dan Shell Hengkang, Masih Banyak Investor Minat Kelola Blok Masela

Rizal: INPEX dan Shell Hengkang, Masih Banyak Investor Minat Kelola Blok Masela

0
SHARE
POROS –  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli, memastikan jika Inpex dan Shell hengkang menjadi investor Blok Masela, masih banyak pihak yang berminat mengelola blok tersebut.
“Kalau (Inpex) mau kabur, wah itu banyak banget yang mengantrenya (untuk masuk Blok Masela,” ujar Rizal Ramli saat ditanya media di Jakarta.
Namun menurutnya, pernyataan beberapa pihak tentanf Inpex dan Shell selaku pemilik hak partisipasi Blok Masela bakal hengkang gara-gara keputusan tersebut, merupakan hal yang mustahil. Terlebih 2 perusahaan energi multinasional itu sudah menghabiskan dana lebih dari US$ 2 miliar selama lima tahun untuk mengeksplorasi Blok Masela.
“Mendapatkan tambang emas untuk 70 tahun masa mau kabur? ya gak mungkinlah, mereka juga udah menghabisan uangnya untuk mengeksplorasi Blok Masrl” jelasnya.
Sebenarnya Rizal tak mau banyak bicara soal keputusan yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo/Jokowi. Namun karena banyak yang bertanya maka ia memberikan tanggapan. “Jawaban saya cuma tiga kata. Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillah,” tutup dia.
Seperti diketahui, Rizal sangat gencar mendorong pengembangan Blok Masela menggunakan skema di darat. Pasalnya dengan dibangun di darat, yang paling beruntung hadalah rakyat Indonesia, terutama membangun kota di Maluku seperti Kota Balikpapan di Kalimantan, membuat pabrik pupuk, dan mengembangkan industri petrokimia. “Setahun Indonesia dapat US$ 6,5 miliar,” tutur dia.
Sementara jika dibangun di laut, negara hanya mendapat US$ 2,5 miliar per tahun dari ekspor gas, dan kesejahteraan masyarakat menjadi tidak pasti. Begitu pula perkembangan kota itu sendiri. (REZA)‎

Komentar Anda