Home DUNIA Kemenlu Sayangkan Kunjungan Jurnalis Indonesia ke Israel

Kemenlu Sayangkan Kunjungan Jurnalis Indonesia ke Israel

0
SHARE

Kementerian Luar Negeri RI menyayangkan kunjungan rombongan jurnalis Indonesia ke Israel yang kemudian dipolitisasi sebagai bentuk perbaikan hubungan Indonesia dan Israel.

“Kita menyayangkan jika kegiatan seperti ini disalahgunakan atau dipolitisasi untuk kepentingan lain karena pada intinya Indonesia tetap teguh memperjuangkan kemerdekaan Palestina dari Israel,” kata Juru Bicara Kemlu RI Arrmanatha Nasir di Ruang Palapa Kemlu, Jakarta, Selasa (29/3).

Pernyataan tersebut disampaikan Jubir Kemlu menanggapi pemberitaan beberapa media Israel, seperti Times of Israel dan The Jerusalem Post, yang menuliskan Perdana Menteri Benyamin Netanyahu mengundang jurnalis Indonesia dan menyerukan bahwa Indonesia perlu membuka hubungan resmi dengan Israel.

“Kita tidak bisa melarang media untuk berkunjung ke Israel dan kita mengetahui kegiatan semacam ini sudah beberapa kali dilakukan dalam konteks promosi pariwisata dan bisnis,” kata dia.

Oleh karena itu, Arrmanatha menekankan bahwa Pemerintah Indonesia menyayangkan jika kegiatan tersebut disalahgunakan untuk kepentingan lain.

Terkait ada atau tidaknya notifikasi kepada pihak Kemlu terkait kunjungan jurnalis tersebut, Arrmanatha juga menegaskan bahwa kegiatan tersebut berkaitan dengan pihak swasta, dalam hal ini media nasional.

“Kita tidak ada hubungan diplomatik, jadi tidak ada notifikasi,” kata dia.

Diketahui, Pada Senin (28/3), PM Netanyahu menerima lima jurnalis senior dari media nasional di Indonesia yang berkunjung atas undangan Kementerian Luar Negeri Israel.

Dalam pertemuan tersebut PM Netanyahu berharap bahwa kunjungan jurnalis Indonesia tersebut dapat membantu dalam mengubah hubungan Indonesia dan Israel.(aktual

Komentar Anda