Home EKONOMI LBP: Firasat saya Presiden sudah punya nama MenESDM

LBP: Firasat saya Presiden sudah punya nama MenESDM

0
SHARE

POROSINDONESIA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diprediksi akan segera mengeluarkan rekomendasi orang yang akan ditempatkan untuk mengisi posisi Menteri ESDM. 

Indikasi itu berdasarkan pernyataan Menko Bidang Kemaritiman sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Menteri ESDM, Luhut Binsar Panjaitan di sela paparan dalam Focus Group Discussion (FGD) bertajuk “Konsorsium Riset Migas Kelautan: Realisasi vs Eksplorasi Migas Nasional” di Kampus UI Depok, hari ini.

“Tugas saya seminggu lagi, saya sudah capek,” Luhut.

Namun, Luhut mengaku, pernyataannya itu berdasarkan firasatnya semata. Pasalnya, penentuan Menteri ESDM yang baru merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

“Saya tidak berani berkomentar, tapi feeling (firasat) saya Presiden sudah punya nama,” katanya.

Meski demikian, ia mengaku berharap Menteri ESDM definitif bisa segera masuk menggantikannya di kementerian tersebut.

Luhut juga mengaku jabatan Menteri ESDM akan diisi oleh kalangan profesional. Sayangnya, Luhut enggan memberikan pernyataan lebih lanjut nama-nama yang kemungkinan dipilih.

“Biarkan Presiden. Tapi menurut saya tidak akan lama lagi,” ujarnya.

Pernyataan Luhut tersebut bukan pertama kalinya. Mantan Menkopolhukam itu juga pernah mewacanakan penunjukkan Menteri ESDM pada bulan lalu.

“Pasti tidak akan lama-lama. Masak lama-lama, memang kerjaan saya cuma itu? Secepat mungkinlah. Paling lambat bulan depan (September, ditunjuk Menteri ESDM baru),” katanya pada 16 Agustus 2016.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menunjuk Luhut sebagai Plt Menteri ESDM menggantikan Arcandra Tahar yang diberhentikan karena berstatus dwikewarganegaraan pada 14 Agustus 2016. |RMN

Komentar Anda

LEAVE A REPLY