Home EKONOMI Inflasi 2017 Diprediksi Bergerak Liar, BI Sindir Pemerintah

Inflasi 2017 Diprediksi Bergerak Liar, BI Sindir Pemerintah

0
SHARE
Laju inflasi 2016 sebesar 3,02%, cukup terkendali bahkan terendah selama satu dekade. Namun hal itu tak membuat Bank Indonesia (BI) jumawa. Pasalnya, tahun ini inflasi diperkirakan akan lebih liar.
“Ke depan upaya pengendalian inflasi akan menghadapi sejumlah risiko yang perlu terus diwaspadai,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Tirta Segara di Kantornya, Jakarta, Kamis (19/1/2017).
Ada beberapa faktor kata Tirta yang perlu mendapat perhatian pemerintah, salah satunya pergerakan harga pangan, kemudian juga harga yang ditentukan oleh pemerintah atau administered prices seperti tarif listrik dan bbm.
“Terutama terkait penyesuaian administered prices sejalan dengan kebijakan lanjutan reformasi subsidi energi oleh Pemerintah, serta risiko kenaikan hargavolatile food,” paparnya.
Maka dari itu kata Tirta koordinasi yang erat antara BI dan Pemerintah sangat perlu untuk dilakukan agar tetap menjaga laju inflasi pada kisaran yang ditentukan pemerintah pada tahun ini yakni, 4+1 persen.
Asal tahu saja, Inflasi IHK bulan Desember 2016 tercatat sebesar 0,42% (mtm), lebih rendah dari bulan sebelumnya yang sebesar 0,47% (mtm). Secara keseluruhan, tahun inflasi 2016 tercatat 3,02% (yoy). Inflasi yang rendah ini didukung inflasi inti yang rendah dan administered prices yang minimal, di tengah inflasi volatile food yang masih meningkat.[mr/inc]

Komentar Anda

LEAVE A REPLY