Home EKONOMI Penguatan Rupiah Diprediksi Berlanjut hingga Rp13.258/USD

Penguatan Rupiah Diprediksi Berlanjut hingga Rp13.258/USD

0
SHARE

Laju rupiah melanjutkan kenaikannya akhir pekan lalu, sehingga membentuk triple bottom dalam tren perdagangan hariannya. Namun demikian, aksi jual sudah sempat terjadi meski tidak sampai membatasi potensi kenaikan lanjutan IHSG.

“Tren tersebut bahkan telah melampaui batas trend linenya, sehingga kami harapkan kondisi ini masih dapat berlanjut untuk melanjutkan penguatannya,” ujar Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Senin (13/2/2017).

Reza memperkirakan, rupiah akan bergerak dengan kisaran support di level Rp13.326/USD dan resisten Rp13.258/USD.

Sementara, kata dia, masih adanya sejumlah sentimen positif, mulai dari kenaikan view peringkat Indonesia oleh Moody’s hingga ekspektasi rilis current accountyang akan membaik memberikan tenaga untuk rupiah melanjutkan kenaikannya.

Bahkan kenaikan laju USD pun dapat diimbangi oleh sentimen-sentimen tersebut. Sehingga treapresiasinya USD tidak membuat laju rupiah terganggu, meski sepanjang intraday perdagangan sempat melemah.

Sentimen positif ini tentu berimbas baik pada rupiah, dimana pelaku pasar menilai perekonomian Indonesia kian membaik dan bukan tidak mungkin dapat bertahan di tengah guncangan ekonomi global.

“Sementara itu, kembali terapresiasinya USD seiring tanggapan pelaku pasar terhadap pidato Presiden Trump di hari sebelumnya, yang berencana mengumumkan pembaruan pajak untuk pelaku industri AS,” pungkasnya.

Komentar Anda

LEAVE A REPLY