Home Nasional Daerah Mulut Saya Tidak sekotor Mulut Steven Hadisurya Sulistyo

Mulut Saya Tidak sekotor Mulut Steven Hadisurya Sulistyo

0
SHARE
OLEH Nugroho Prasetyo

Saya bukan Steven Hadisurya Sulistyo. Mulut saya tidak sekotor mulut Steven Hadisurya Sulistyo. Bagi saya, kesetaraan, anti diskriminasi ras dan keberagaman tidak hanya berhenti di bibir saja, tapi harus ditunjukkan dengan tindakan nyata.

Bukan sekedar retorika belaka. Saya tidak pernah memilih dan memilah dengan siapa saya bergaul. Keindahan persahabatan tak pantas disekat oleh perbedaan suku, agama, ras dan etnis. Izinkan saya kutip kaidah Confucionism di sini.

Kongzi berkata  “Di empat penjuru lautan, semua manusia bersaudara” (Lun Yu/XII : 5). Walau tidak seiman, bagi saya, umat Kristiani adalah saudara dalam kemanusiaan. Dari sini, terlihat sikap saya.  Sikap saya jelas. Saya tidak melokalisir problem bangsa hanya sebatas soal SARA. Jauh lebih dalam dari itu, saya melihat hulu persoalan bangsa ini sesungguhnya adalah kemerdekaan dan kedaulatan.

Kita dirongrong oleh jaringan konspirasi global. Maka, saat ini saya sedang meniti jalan perjuangan untuk melepaskan bangsa multikultur ini dari penindasan bangsa-bangsa asing. Agar bangsa ini merdeka dan berdaulat sepenuhnya. Agar negeri ini tidak dijadikan ladang jarahan. Agar kita tidak mewariskan air mata dan penderitaan kepada anak-cucu kita kelak.

Komentar Anda

LEAVE A REPLY