Home Nasional Hukum Ketua KPK Agus Rahardjo Terlibat Kasus Proyek E-KTP, Ini Kicauan FH

Ketua KPK Agus Rahardjo Terlibat Kasus Proyek E-KTP, Ini Kicauan FH

1
SHARE
Agus Rahardjo, Ketua KPK /is

POROSNEWS – Panasnya kasus korupsi E-KTP yang sudah menetapkan Ketua Umum Partai Golkar dan juga ketua DPR RI kini makin meruncing. Lantas benarkan Ketua KPKAgus Rahardjo terlibat di kasus gila ini. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengulas dugaan keterlibatan Agus Rahardjo dalam akun twitter pribadinya @Fahrihamzah. Ada 10 kicauan yang patut diketahui. Berikut isiinya:

“1. Setelah sistem lelang disepakati Tim yang LKPP ada di dalamnya apakah betul bapak meminta 9 tender dipecah? #KasusEKTP,

“2. Betulkah bapak menyampaikan kepada panitia tender bahwa “Kalau konsorsium Telkom kalah proyek ini bisa gak jalan”. #KasusEKTP,” katanya.

“3. Hal itu terjadi sekitar April 2011 sebelum tender diumumkan, “betulkah bapak bertemu sekjen dan Irman (terdakwa?),” katanya.

“4. Betulkah bapak minta bertemu 4 mata dengan mendagri dan ditolak karena mendagri minta ada saksi dan notulen?,” katanya.

“5. Kenapa didalam dakwaan hanya ada time line lelang tapi tidak muncul bahwa lelang 21 februari 2010 itu diumumkan setelah dapat persetujuan dari bapak?,” katanya.

“6. Kenapa tidak muncul dalam dakwaan bahwa 3 hari setelah lelang diumumkan lalu bapak menginterupsi agar paket dipecah? #KasusEKTP,” ucapanya.

“7. Kenapa tidak muncul dalam dakwaan bagamana perdebatan di kantor wapres yang dipimpin oleh Pak Sofyan Jalil untuk menuntaskan masalah dengan bapak?,” ucapnya.

“8. Lalu tiba-tiba mendekati lelang PT Telkom tiba tiba ikut dan bapak meyakinkan panitia bahwa hanya PT Telkom yang bisa mengerjakan proyek ini?,” ucapnya.

“9. Bukankah pernah ada kesepakatan PT Telkom tidak ikut jadi peserta tapi akan dijadikan sebagai penyedia layanan? #KasusEKTP,” ucapnya.

“10. Apakah bapak mengetahui penggeledahan kantor Kemendagri tanggal 4 Mei 2011 oleh Polda Metro?,” ucapnya.

“10 pertanyaan yang sebetulnya masih banyak.. tapi intinya adalah apakah mungkin bapak tidak terlibat #KasusEKTP?,” ujar Fahri mengakhiri cuitannya mengenai keterlibatan Agus Rahardjo di dalam proyek E-KTP.

Jika dilihat kicauan Fahri memang ada korelasi dengan Ketua KPK sebab dulu sebelum menjadi Ketua KPK Agus adalah bertugas di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.  Agus Rahardjo adalah Insinyur teknik sipil, lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya. tahun 1984. Ia insinyur yang jadi ketua KPK tanpa berlatar belakang ilmu Hukum. Bahkan Ia dulunya bercita-cita menjadi kontraktor, namun nasib membawanya menjadi pegawai negeri sipil. Agus Rahardjo memulai pengabdian publik di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Pada tahun 2006, Rahardjo mengabdi sebagai Kepala Pusat Pengembangan Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Publik (PPKPBJ). Agus Rahardjo adalah pendiri sekaligus Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sejak tahun 2010.

Aktivis lembaga masyarakat memandang negatif misalnya saat Pegiat Indonesia Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho menyebut ‘masa depan pemberantasan korupsi bakal semakin suram saat Agus terpilih.  ICW: Suram! KPK Jadi Pusat Informasi Antikorupsi,  dilaman solopos.com, Jumat, 18 Desember 2015 (semoga dia masih ingat pernah bikin pernyataan itu).

Waduh..serem juga ya…Lantas bagaimana tanggapan KPK? Kita tunggu saja dan KPK wajib jawab hal ini.

| TRD/RED

Komentar Anda

1 COMMENT

LEAVE A REPLY