Home EKONOMI Tentang Survey Tingkat Kepercayaan kepada Pemerintah

Tentang Survey Tingkat Kepercayaan kepada Pemerintah

0
SHARE

Mutlak -kah, Pendapat 1000 Orang Mewakili Penduduk Indonesia ?
—> tentang Survey Tingkat Kepercayaan kepada Pemerintah !

[ Bismillah… saya putuskan menempuh resiko ini, dengan harapan netizen memiliki 2nd Opinion, biar bisa lebih obyektif dalam memberi penilaian. Seperti yang sudah-sudah, kalau saya meng- update Fakta Pembanding tentang Kinerja Pemerintah maka akan ada “Pihak-Pihak Yang Sangat Serius Menyatakan Keberatan Atas Aktivitas Bermedsos Saya”. Note : saya tidak gegabah memaknainya sebagai ancaman, lho yaa…   Dan ketika, saya berulangkali ingkar janji untuk pasif di FB (dan lanjut non aktif sementara) Insyaallah, kali ini akan saya tepati. Mudah2an Allah SWT berikan saya kekuatan untuk bisa aktif lagi di medsos dan Saya Mohon Maaf atas segala khilaf yang terjadi TERMASUK RATUSAN / RIBUAN INBOX yang tidak ter- respon. Salam…]

———-

Baru-baru ini netizen dihebohkan dengan pernyataan Bu Ani (Menteri Keuangan) yang melapor kepada Pak Jokowi bahwa Indonesia menduduki PERINGKAT PERTAMA untuk Trust and Confidence in National Government berdasarkan survey Gallup yang dipublikasikan oleh OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) – 17 Juli 2017.

Indonesia Peringkat Pertama ‘Trust and Confidence in National Government’

http://finansial.bisnis.com/…/indonesia-peringkat-pertama-t…

SAYANGNYA, pernyataan Bu Ani tersebut lantas dijadikan tool oleh Buzzer Pemerintah untuk “menyudutkan” / “menyerang” para Oposan / Kritikus Pemerintah.

OLEH KARENA ITULAH… saya memutuskan untuk membuat status ini, walau sejatinya…. Pernyataan Bu Ani itu TIDAK SALAH ! Saya sebagai orang yang menghormati tradisi ilmiah, (tadinya) enggan untuk ikut2an mempolemikkan survey yang dilakukan oleh Lembaga Riset Internasional Gallup, Inc. yang berkantor di USA itu.

1]. Saya memulai pembahasan dengan menegaskan di awal, bahwa SAYA PADA POSISI TIDAK MENYALAHKAN hasil survey yang dirilis oleh OECD karena saya termasuk yang meyakini bahwa Gallup sudah menempuh metode survey yang benar secara ilmu statistik. Karena saya bukan Ahli Statistik, maka mungkin Om Canny Watae Jeng Leny Maryouri atau siapapun Temen FB yang expert soal ini SILAHKAN untuk bisa memberi ulasan di kolom komentar. tks.

2]. Benar secara Ilmu Statistik itu BELUM TENTU / BELUM PASTI MUTLAK !!! MENGGAMBARKAN KEADAAN YANG SEBENAR-BENARNYA karena biasanya ada kelemahan-kelemahan yang secara fair disampaikan oleh si Lembaga Survey sendiri / Pihak yang Mempublikasikannya.

3]. Salah satu kelemahan survey Gallup SEBAGAIMANA DICANTUMKAN PADA LEMBAR PUBLIKASI OECD sendiri adalah JENIS INSTRUMEN PERTANYAAN yang MENGGUNAKAN Pertanyaan Tertutup YAITU pertanyaan yang hanya dapat dijawab dengan jawaban ya atau tidak, yang TIDAK MEMUNGKINKAN penjawab memberikan jawaban secara terbuka dan luas.

4]. Tahukah anda ??? bahwa pada survey ‘Trust and Confidence in National Government’, Lembaga Survey Gallup HANYA MENGAMBIL 1.000 (Seribu) Orang sebagai Sampel Responden !!!!

Jumlah 1.000 (Seribu) Orang Responden tersebut TIDAK SAMPAI 1 % dari TOTAL PEMILIH PADA PILPRES 2014 yang mencapai 190.307.134 (Seratus Sembilan Puluh Juta Tiga Ratus Tujuh Ribu Seratus Tiga Puluh Empat) Orang. Pemilih pada Pilpres menjadi acuan sebagai individu dewasa yang layak dimintai pendapat tentang Pemerintahan.

Tanya : Aa’ Tara, serius… jumlah sampel cuman 1.000 orang ? dan jumlah Pemilih Pilpres sebanyak itu ?

Jawab : Untuk Neng, Aa’ selalu berikan yang termudah dan terbaik…. ( hati Aa’ aja saya berikan… apalagi cuman info ginian #eaaa )

Jika anda mau, silahkan klik link publikasi yang berjumlah 282 Halaman ! dan baca halaman 216-217. Mabuk… mabuk… ‘dah  

http://www.keepeek.com/…/government-at-a-glance-2017_gov_gl…

—–> note : Keterbatasan / Kelemahan jenis instrumen pertanyaan juga dicantumkan pada di link tersebut di atas. tks.

TAPI,

tapi untuk memudahkan.. silahkan baca rilis resmi dari situs kepresidenan berikut, karena JUGA menginformasikan JUMLAH RESPONDEN dan TIPE / JENIS PERTANYAAN SURVEI :

Masyarakat Percaya Program dan Langkah Pemerintah

http://www.presidenri.go.id/…/masyarakat-percaya-program-da…

ADAPUN

adapun untuk jumlah pemilih Pilpres bisa dibaca pada link berikut :

http://nasional.kompas.com/…/Pemilih.Pilpres.2014.Bertambah…

http://www.kpu.go.id/…/2…/3343/KPU-Tetapkan-DPT-Pilpres-2014

KESIMPULAN

Pemaparan di atas membuktikan bahwa Rilis / Publikasi OECD berdasar hasil survey GALLUP Inc. tentang “Tingkat Kepercayaan Masyarakat terhadap Pemerintah” adalah MENGANDUNG KELEMAHAN !!! oleh karenanya …

OLEH KARENANYA ayo… cukup kita gunakan sebagai Kajian Ilmiah saja, dan TIDAK UNTUK MENYUDUTKAN pihak lain. Tks.

________________

===> Oh ya, sebelum saya OFF sementara dri FB, saya titip pesan pada Teman FB yaa…. cuman satu aja kok…

Tolong #Jagain_Ayang_mBeib_Djelantik… ‘eh Per-Pesbukan gak ada dia, gak rame he.he..he…

See U Later …

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tara Palasara

Komentar Anda

LEAVE A REPLY