Home Nasional Daerah Aneh ..Menutup Pabrik Semen Cina Ilegal Punya Cina Bupati BolmongYasti Supredjo...

Aneh ..Menutup Pabrik Semen Cina Ilegal Punya Cina Bupati BolmongYasti Supredjo Jadi tersangka

0

“SAYA TIDAK TAKUT DGN BACKINGAN PERUSAHAAN INI. BACKINGAN SAYA LEBIH BANYAK, YAKNI 240 RIBU WARGA BOLMONG”

Bupati Bolaang Mongondouw (Bolmong) Yasti Supredjo mengaku tidak takut menghadapi kasus yang menimpanya melawan pabrik semen milik Cina PT Conch North Sulawesi Cement (CNSC). Pasalnya, dia dibeking oleh 240 ribu warga Bolmong.

Dalam keterangan resmi DPP PAN lewat akun resmi di twitter ‏@Official_PAN, Yasti menyebutkan PT CNSC ilegal lantaran tidak memiliki WIUP, IUP, izin eksplorasi serta eksploitasi.
“PT Sulenco yg menyediakan lahan serta perizinan tak mampu menunjukkan surat2 izinan yg diminta” ujar Yasti seperti dalam cuitannya.

“Izin itu meliputi, IUP, izin eksplorasi serta eksploitasi. Apa yg saya minta ini amanat Undang-undang” tulis Yasti lagi.

Padahal sesuai undang-undang, sebelum pabrik itu dibangun, berbagai perizinan tersebut terlebih dulu sudah harus ada. Karena tidak punya izin, maka sebagai kepala daerah, pun tegas menutup dan memagari pabrik tersebut dgn Police line.

“Saya tidak takut dgn backingan perusahaan ini. Backingan saya lebih banyak, yakni 240 ribu warga Bolmong” tegas Yasti.

Walau Humas PT CNSC, Gunawan Mokoagow mengklaim bahwa pihaknya sudah mengajukan izin sejak lama. Namun Yasti tetap pada pendirian, CNSC tidak memiliki izin. PT CNSC tetap ditutup, semua bangunan ilegal dibongkar dan tenaga kerja asing pun didesak untuk dipulangkan.

Setelah kasusnya mencuat, dan Bupati Bolmong menjadi tersangka karena tuduhan pengrusakan, Yasti mengaku ikhlas menjalani semua ini.

“Saya ikhlas” itulah kata-kata Yasti seraya meminta agar masyarakat Bolaang Mongondow tetap tenang dan tidak terprovokasi.

“Biarkan proses hukum berjalan sebagaimana mestinya, penetapan tersangka bukan akhir dari segalanya,” ujarnya seperti dalam keterangan resmi DPP PAN.

Seperti diketahui, Polda Sulawesi Utara (Sulut) menetapkan Bupati Bolmong, kader Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai tersangka dalam kasus perusakan terhadap pabrik semen milik PT CNSC. Informasi yang beredar PT CNSC dibekingi oleh orang kuat di Jakarta. (*/d) Swamedium.com

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.