Home EKONOMI “Pengadaan Videotron” Jabar Bermasalah

“Pengadaan Videotron” Jabar Bermasalah

0
SHARE

Pada tahun 2016 Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Olah Raga dan Pemuda telah selesai melakukan lelang “Pengadaan Videotron” dengan HPS ( Harga Prakiraan Sendiri) sebesar Rp12.000.000.000 untuk di tempat pada 14 kabupaten dan kota.

Videotron adalah media yang menayangkan video dengan light-emitting diodes (LED). Sedangkan LED adalah tipe pencahayaan yang menggunakan semikonduktor untuk mengubah listrik menjadi cahaya. Selain itu, biasanya videotron digunakan di outdoor sebagai petunjuk sebuah tempat atau menayangkan iklan.

Sesuai dengan data yang diterima Klikanggaran.com pengadaan videotron ini dimenangkan dan akan dikerjakan oleh PT Quantum Inti Utama, yang beralamat di Jalan Antaloka Nomor 14 Komplek Antabaru Endah, Kota Bandung. Penawaran harga yang diajukan oleh perusahaan ini adalah sebesar Rp10.188.915.000.

Dengan demikian, harga penawaran atau harga perusahaan untuk memenangkan lelang ini sebesar Rp 10,1 miliar untuk 14 kabupaten dan kota. Berarti kalau disimulasikan, maka rata-rata harga satuan pengadaan videotron untuk 14 kabupaten dan kota adalah sebesar Rp727.779.642 untuk satu kabupaten atau kota.

Harga satuan sebesar Rp 727,7 juta untuk pengadaan videotron ini, sepertinya terlalu tinggi dan mahal. Karena ada perusahaan yang kalah lelang masih sanggup memberikan harga yang paling rendah dan murah. Dimana harga satuan tersebut ditawarkan hanya sebesar Rp635.585.500.

Maka untuk itu, meminta kepada Kejati Jawa Barat untuk segera membuka penyelidikan, atas pengadaan videotron yang berpotensi merugikan negara sebesar Rp 3,1 miliar untuk 14 kabupaten dan kota ini. Potensi kerugian negara ini bisa muncul disebabkan dipilihnya perusahaan yang menawarkan harga tinggi dan mahal.

Komentar Anda

LEAVE A REPLY