Home Nasional Hankam Insiden Cekal Panglima TNI, Apa Maumu Amerika?

Insiden Cekal Panglima TNI, Apa Maumu Amerika?

0
SHARE

POROSNEWS – Sedianya Panglima TNI Gatot Nurmantyo beserta rombongan akan memenuhi undangan resmi dari Kepala Staf Gabungan Jenderal Josef Dunford Jr. Dalam perhelatan Chiefs of Defense Conference on Country Violent Extremist Organization di Washington DC, AS 23-24 Oktober. Acara ini di ikuti Panglima angkatan bersenjata negara-negara se-Asia Pasifik.

Namun ada pelarangan cekal dari US Custom and Border Protection, semacam lembaga imigrasi yang punya otoritas melarang siapapun masuk wilyah AS. Lembaga ini sangat berotot dan terbesar dari jumlah personil yang mencapai 60 ribu orang langsung di bawah Kementrian Keamanan Dalam Negeri AS.
Meski akhirnya keliru dengan permohonan maaf dari pemerintah AS, tentu hal ini tetap menjadi tanda tanya besar ada apa di balik pelarangan tersebut.

Ada beberapa hal yang patut diperjelas dalam hal ini, yaitu:
1. Di era keterbukaan ini harus ada alasan logis dan bernalar, sehingga publik tahu alasan cekal. Dengan demikian tidak terjadi preseden kemudian hari. Tidak cukup hanya permintaan maaf.

2. Klarifikasi ini penting untuk hindari spekulasi publik yang bisa jadi liar di media maupun lorong lorong perspektif isu. Sehingga berakibat munculnya persepsi negatif publik kita terhadap AS utamanya Regim Trump…

3.Mengingat kita akan masuki tahun politik, akan mudah tercipta spekulasi yang akan jadi komoditas politik *bahwa ada campur tangan AS dalam pemilu utamanya Pilpres*.

Untuk itu, Garuda Nusantara Center akan mengupas secara tuntas polemik diatas dalam sebuah diskusi. Bertempat di Bangi Kopi Tiam, SCBD, Jumat besok. Ada beberapa narasumber yang akan mengupas permasalahan tersebut dalam diskusi nanti, antara lain: Bobby A Rizaldy/Anggota DPR Komisi 1, Ali Sera/Ketua DPP PKS, Hendrajit/Global Future Institute dan Syamsir Siregar/Mantan Ka BIN. (NOR)

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY