Home Nasional Hankam Kolinlamil Gelar Latihan Penanggulangan Kebakaran

Kolinlamil Gelar Latihan Penanggulangan Kebakaran

0
SHARE

POROSNEWS – Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggelar latihan praktek Penyelamatan Kapal (PEK) penanggulangan kebakaran, Jumat (12/1). Latihan praktek PEK yang diikuti personel Kolinlamil tersebut berjumlah 118 orang, terdiri dari staf dan unsur serta didukung Tim Kesehatan Kolinlamil dipimpin Kepala Satuan Siaga Detasemen Markas Kolinlamil Kapten Laut (P) Jayadi Setiawan.

Menurut Komandan Detasemen Markas Komando (Denmako) Letkol Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian, kegiatan latihan praktek Penyelamatan Kapal tersebut, sengaja dilaksanakan secara mendadak disela-sela olah raga pagi. Hal ini untuk melatih kesiapsiagaan, militansi dan profesionalisme prajurit dalam menghadapi kebakaran yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Sementara dalam latihan itu, para prajurit mempraktekkan tentang bagaimana cara memadamkan api yang sesungguhnya dengan alat pemadam yang ada, dengan memfokuskan pada bagaimana cara mengantisipasi dini terhadap terjadinya kebakaran sehingga cara penanganannya tepat sasaran.

Latihan yang dipandu Staf Satuan Siaga Denmako, membuat simulasi terjadinya kebakaran disekitar dermaga. Simulasi sebuah tong yang berisi sampah dengan disiram bensin, seolah menjadi sasaran api yang siap dipadamkan tim pemadam kebakaran Satlinlamil Jakarta. Setelah api berkobar, salah seorang anggota berteriak bahwa terjadi kebakaran. Kemudian Mobil pemadam kebakaran dengan satu tim langsung meluncur kelokasi kebakaran. Dan menggunakan semprotan air dari mobil pemadam, untuk memadamkan api yang berkobar. (NOR/Dispen Kolinlamil)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY