Home EKONOMI Potensi Korupsi di Indonesia akan Tetap Tinggi

Potensi Korupsi di Indonesia akan Tetap Tinggi

0
SHARE

POROSNEWS.COM – Potensi korupsi di Indonesia akan tetap tinggi, jika gaji pejabat negara masih rendah dan tidak diperhatikan dengan baik. Meski gaji kecil tapi hasil dari sampingannya para pejabat cukup pantastis besar.

“Tak heran kalau koruptor sejati kondisi kehidupan berbangsa semacam ini yang didambakan, dan mereka senang hidup Indonesia,” kata Anggota Dewan KAHMI Rokhmin Dahuri dalam diskusi publik ‘Transformasi Industri Berbasis SDA Untuk Memacu Pertumbuhan Ekonomi Berkualitas Secara Berkelanjutan Menuju Indonesia Yang Maju, Adil-Makmur, dan Berdaulat’ di Kantor KAHMI Center, di Jakarta, Jumat (29/6/18).

Menurut Rokhmin Dahuri, seharusnya pemerintah memperhatikan para gaji PNS, TNI, dan Polri, karena dinegara-negara maju gaji pokok pejabat itu cukup tinggi, sehingga korupsi bisa diminimalisir.

“Diseluruh negara maju gaji pokok itu cukup besar. Hanya di Indonesia yang gaji presiden 150 juta, di Indonesia gaji menteri 19 juta,” tegas Rokhim.

Tak heran kalau masih terdapat 50 persen rakyat Indonesia yang hidup dalam kemiskinan. Meskipun Sumber Daya Alam Indonesia sangat potensial.

Potensi yang ada di Indonesia hingga saat ini tidak bisa dimaksimalkan lantaran sebagian besar usaha masih dikuasai konglomerasi asing. Selain itu, BUMN di Indonesia juga menjadi sapi perah (ATM) bagi para pejabat dan politisi.

“Misalnya saja produk crude palm oil (CPO), Indonesia menjadi penghasil terbesar, diikuti negara tetangga, Malaysia. Tapi, kita malah impor ke negara lain untuk bahan mentahnya saja,” ungkapnya. Edy/prs

Komentar Anda

LEAVE A REPLY