Home Nasional Hukum Rizal Ramli Kuda Hitam Pilpres 2019

Rizal Ramli Kuda Hitam Pilpres 2019

0
SHARE

POROSNEWS.COM – Akademisi  UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Muhamad WIldan MA PhD  menegaskan, bahwa  berbagai kalangan melihat dan menilai Rizal Ramli PhD ( capres rakyat) merupakan sosok kuda hitam pilpres 2019 setelah munculnya Jokowi dan Prabowo.  Apalagi problem besar Indonesia  menuju Pilpres 2019  adalah masalah ekonomi dimana kini rupiah merosot dan daya beli rakyat melemah. ”RR bisa jadi kuda hitam 2019  yang mencuat  setelah nama Jokowi dan Prabowo muncul lebih dulu,”tutur dosen UIN Yogyakarta lulusan Leiden University, Belanda itu.

Hasil gambar untuk muhamad wildan uin suka

M WIldan MA PhD

‘’ Bang Rizal  Ramli (RR) pantas dipertimbangkan di luar capres Pak Jokowi (petahana) dan Prabowo Subianto ( pesaing, Gerindra), sehingga mengurangi ketegangan social-politik karena tak hanya ada dua calon presiden (Jokowi dan Prabowo) semata.  Kehadiran RR pantas dipertimbangkan sebagai alternative ketiga diluar dua sosok Jokowi dan Prabowo)  tersebut. Bahkan dialah  yang dipertimbangkan oleh kaum terpelajar sebagai  Kuda Hitam Capres 2019 yang pasti diperhitungkan  kubu Prabowo dan Jokowi yang kebetulan keduanya bukan ekonom di tengah melemahnya ekonomi kita dewasa ini,’’ kata  akademisiUIN Yogyakarta yang memantau Islam politik menuju 2019 itu.

Kesan saya, bahwa Pak Jokowi  nampaknya kurang didukung ummat 212, namun  saya melihat kelompok ummat 212  itu terpecah belah karena perbedaan kepentingan. ‘’ Ummat 212  condong mendukung Prabowo, namun di luar itu, ada jutaan massa  NU-Muhammadiyah  yang bisa saja memberi suara ke Jokowi, Prabowo, RR  dan Pak Amien Rais  secara bebas. Dalam soal ekonomi, nilai lebih RR adalah dia ekonom senior dengan gagasan pembaruan yang kuat untuk bangsa,’’ ujar WIldan,  mantan peneliti tamu di Marburg University, Jerman.

Hasil gambar untuk rizal ramli dan ganti presiden

Media mengungkapkan bahwa RR bebas dari  kubu-kubu Islam politik karena RR merupakan tokoh yang berdiri di atas semua golongan saat ini, dan dia  anggota keluarga besar Pesantren Pondok Gontor Ponorogo  dan ‘ sosok asuhan  politik Gus Dur Pesantren Tebu Ireng  Jombang yang para santerinya bergerak mendukung RR ke Pilpres 2019.

 

Mantan Menko Perekonomian/mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli PhD adalah anak NU-Muhammadiyah karena ayah ibunya pengurus Muhammadiyah Sumatera Barat dan dia juga anggota keluarga Pesantren Tebu Ireng Gus Dur. Dan, dia  anggota Keluarga Besar Pondok Gontor  pimpinan Gontor Pusat KH. Hasan Abdullah Sahal.  Rizal Ramli adalah bagian dari keluarga Gus Dur Pesantren Tebu Ireng Jombang, sebagai  orang pergerakan yang panjang, pahit, penuh duri dan berliku sejak masa kanak sampai menjadi mahasiswa ITB,  nyantri kilat  di Pondok Gontor, studi ke Sophia University Tokyo dan PhD dari Boston University, AS.

Untuk bisa kuliah di ITB, Rizal Ramli  yang sejak kecil yatim piatu, di masa remajanya harus bekerja sebagai buruh percetakan di Jakarta guna mendapat uang untuk studi di ITB yang berhasil dia  jalani  sebagai  demonstran mahasiswa. Bahkan RR dipenjara  di Sukamiskin oleh  rezim Orde Baru kurun 1977/78 karena aksinya menentang ketidakadilan, kesenjangan tajam dan otoriterisme Orba waktu itu. |KFF/PRS

Komentar Anda

LEAVE A REPLY