Home DUNIA Akhirnya Najib Razak Ditahan

Akhirnya Najib Razak Ditahan

0
SHARE
Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak./ (FOTO: Nikkei Asian Review)

Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak akhirnya ditangkap dan ditahan di Kuala Lumpur, demikian dilaporkan media milik pemerintah kerajaan itu, Selasa (3/7). Penahaha Najib merupakan bagian dari upaya menuntaskan skandal dana investasi negara 1MDB.

Pengacara keluarga Najib mengatakan kepada Channel News Asia pada Selasa ini juga, kliennya itu juga akan dikenakan tuntutan pengembalian kerugian negara akibat skandal tersebut. Sebelumnya, pada Selasa dini hari, lembaga anti-rasuah Kerajaan Malaysian memeriksa Riza Aziz, anak angkat Najib yang juga seorang produser film di Hollywood.

Menurut para investigator Amerika Serikat, perusahaan Riza, Red Granite Pictures Inc., menggunakan uang yang dicuri dari 1MDB untuk membiayai film-film Hollywood, termasuk film yang disutradarai Martin Scorsese dan dibintangi Leonardo Dicaprio, The Wolf of Wall Street. Pihak Red Granite Pictures pada Maret 2018 lalu telah menyatakan akan membayar pemerintah Amerika Serikat sebesar US$ 60 juta, sebagai pengembalian dana 1MDB.

Dugaan korupsi dana investasi negara 1MDB ini juga menyebabkan elektabilitas Najib melorot dan akhirnya kalah dalam pemilihan umum yang digelar 9 Mei 2018 lalu. Pemerintah baru di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Mahathir Mohamad kemudian membuka kembali kasus ini.

Komentar Anda

LEAVE A REPLY