Home Nasional Politik Ekonomi Indonesia Sulit Berkembang Kalau Manut Sama IMF

Ekonomi Indonesia Sulit Berkembang Kalau Manut Sama IMF

0

POROSNEWS.COM – Ekonomi Indonesia sulit berkembang kalau manut sama IMF. Untuk bisa membawa Indonesia menjadi negara maju, maka pemerintah jangan selalu bergantung pada Bank Dunia dan International Monetary Fund (IMF).

Saat ini Indonesia masuk dalam kategori negara miskin. Salah satu alasannya, kata Rizal, karena pemerintah terlalu bergantung pada saran dari Bank Dunia maupun IMF.

“Kenapa kita miskin, apa karena korupsi? Benar, salah satunya. Kedua karena garis ekonominya, kebijakan ekonominya manut sama Bank Dunia dan IMF. Tidak ada negara hebat ikut saran dari IMF bank dunia. Harus ada perubahan,” kata mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Menurutnya Rizal, negara-negara maju di dunia tidak pernah mengikuti saran kebijakan ekonomi dari Bank Dunia maupun IMF. Contohnya seperti Malaysia, Jepang dan China.

“Jepang setelah perang dunia 12% selama 20 tahun. China tumbuh 12% dalam 25 tahun, karena tidak pakai memakai cara-cara Bank Dunia, IMF, tidak mengandalkan utang. China utangnya tidak ada, kecuali domestik,” jelas dia.

Padahal, kata dia, sejak dulu ekonomi Indonesia masih lebih kuat dibanding yang lainnya, contohnya dari sisi pendapatan perkapita. Namun, saat ini Indonesia kalah tertinggal dibanding negara-negara lain.

“Kita tidak pernah jadi hebat, pertumbuhan kita sedang. Tahun 67 semua di Asia pendapatnya US$ 100, China lebih miskin dari kita, US$ 50 per orang. Hari ini Korea US$ 35 ribu, 10 kali dari kita, Thailand 2 kali kita, Malaysia tiga kali kita, Taiwan enam kali kita,” ujarnya. Edy/prs

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.