Home EKONOMI LPDB-KUMKM Optimis Dapat Menyalurkan Dana Sebesar Rp1,2 Triliun

LPDB-KUMKM Optimis Dapat Menyalurkan Dana Sebesar Rp1,2 Triliun

0
SHARE

 

POROSNEWS.COM – Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) Braman Setyo mengungkapkan optimis penyaluran LPDB-KUMKM tahun ini akan terserap Rp 1,2 triliun. Saat ini telah menyalurkan Rp38, 5 miliar atau sebesar 3,21% dari target penyaluran Rp1,2 triliun.
“Meski masih jauh dari target, LPDB-KUMKM optimis 86% dari total Rp1,2 triliun akan tersalurkan di akhir tahun 2018,” kata Braman di Jakarta, Jumat (19/10/2018).
Menurut Braman Setyo, bahwa rendahnya penyaluran tersebut tidak disikapi manajemen dengan diam. Namun dengan melakukan beberapa hal, diantaranya yaitu moratorium penyaluran dana untuk memverifikasi data yang ada, membenahi peraturan dan kebijakan untuk mengikuti Peraturan Menteri Koperasi dan UKM No. 08 tahun 2018 guna mempermudah akses permodalan ke LPDB-KUMKM, dan melakukan pembenahan proses bisnis agar tidak terjadi Iagi masalah-masalah di waktu yang akan datang.

“Kami sengaja melakukan moratorium penyaluran dana untuk memverifikasi data yang ada, dan juga sekaligus melakukan perbaikan dan penyempurnaan seluruh regulasi agar tidak terjadi kesalahan dalam penyaluran sekaligus mempermudah akses pendanaan dari LPDB bagi seluruh pelaku koperasi dan UMKM di Indonesia,” kata Braman.

LPDB-KUMKM akan tetap optimis dapat menyalurkan dana bergulir sesuai target penyaluran. Berdasarkan proses yang berjalan untuk potensi penyaluran melalui skim konvensional sebanyak 26 proposal dengan jumlah plafond pengajuan Rp845.741.165, dan melalui skim syariah sebanyak 15 proposal dengan jumlah plafond pengajuan Rp342.500.000.000. Sehingga total berjumlah Rp1.188.241.165.000.

Selain gencar melakukan penyaluran, LPDB-KUMKM juga melakukan funding melalui pengalihan dana bergulir. Dana Pengalihan ini merupakan dana program Kementerian Koperasi dan UKM yang telah disalurkan pada periode tahun 2000 hingga 2007. Pada tahun 2018 target pengalihan dana bergulir ini sebesar Rp20.000.000.000, dan yang telah dialihkan ke rekening LPDB-KUMKM sebesar Rp17.589.375.490, atau sebesar 87,95% dari target.

LPDB-KUMKM optimis dapat mencapai target tahun 2018 melalui Kegiatan Pengalihan Dana Bergulir LPDB-KUMKM Tahun 2018, yang rencananya akan dilaksanakan di Banyumas, Jawa Tengah. “Dana pengalihan ini akan menjadi sumber dana yang akan digulirkan oleh LPDB-KUMKM. Selain itu koperasi yang sudah lunas dan masih berjalan dengan baik dapat juga memiliki kesempatan untuk mengakses pembiayaan dari LPDB-KUMKM,” ujar Braman.

Braman mengaku optimis LBDB-KUMKM akan digunakan sebagai instrumen andalan untuk koperasi dan UMKM ketika membutuhkan dana guna pengembangan usaha, dengan bunga yang masih relatif rendah.
Untuk meningkatkan penyerapan pinjaman/pembiayaan, LPDB-KUMKM melakukan sinergi dengan berbagai pihak diantaranya dengan Dinas Koperasi dan UKM, lembaga penjamin, perguruan tinggi, lembaga financial technology, BUMN, PLUT dan lembaga lainnya.
Untuk PLUT-KUMKM yang menyediakan tenaga pendamping dengan memanfaatkan layanan konsultasi dan pendamping untuk dapat meningkatkan akses terhadap pembaiayan, pemasaran, IT dan jaringan usaha.
“Pertama dengan 13 pusat layanan usaha terpadu di seluruh Indonesia ada di Jawa dan Kalimantan Barat dan targetnya akan ada 56 PLUT”, tuturnya. edy/prs

Komentar Anda

LEAVE A REPLY