Home Nasional Dana Kampanye Parpol Mencurigakan

Dana Kampanye Parpol Mencurigakan

0

POROSNEWS.COM – Jaringan Pendidikan dan Pemilih Rakyat (JPPR) secara resmi mendatangi kantor   Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada Rabu (2/4)  untuk melaporkan pemantauan dana kampanye partai politik dan caleg selama masa kampanye berlangsung.

Peneliti JPPR, Sunanto mengaku pihaknya telah menemukan beberapa keganjilan dalam laporan awal dana kampanye partai politik.

“Di antaranya ada caleg yang tidak melaporkan dana kampanye, dan ada juga 240 orang caleg yang menggunakan dana kampanye dalam jumlah besar,” kata penggiat demokrasi yang akrab disapa Cak Nanto kepada PorosNews. Com melalui keterangan tertulis, Jakarta, Kamis (3/4).

Ditambahkan Cak Nanto, pihaknya juga meminta kepada Bawaslu untuk memanggil dan meminta penjelasan kepada partai politik peserta pemilu terkait keganjilan laporan dana tersebut. Sebab, antara jumlah dana yang dilaporkan partai politik dengan realitas lapangan sangat jauh bertolak belakang.

“Bawaslu sendiri menjadwalkan pemanggilan partai politik  akan dilakukan pada masa tenang nanti,” jelas Cak Nanto.

Untuk diketahui, Sesuai dengan UU 8, 2012 pasal 280, menyebutkan bagi peserta politik yang sengaja memberikan keterangan tidak benar dalam laporan awal dana kampanye dipidana kurungan 1 tahun dan denda paling banyak 12juta. (P-20)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.