Home Nasional JK dan GW Cawapres Potensial Versi IndoStrategi

JK dan GW Cawapres Potensial Versi IndoStrategi

0

POROSNEWS.COM – Hasil riset IndoStrategi bertajuk “Siapa Cawapres Ideal 2014?”, menempatkan Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla dan mantan Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan sebagai calon wakil presiden (cawapres) ideal dalam Pemilu Presiden (Pilpres), 9 Juli mendatang.

“Dua nama cawapres yang memiliki scoring (nilai, red) tinggi, yakni Jusuf Kalla (JK) untuk golongan tua, dan yang berasal dari kaum muda, yakni Gita Wirjawan, yang ideal untuk menjadi cawapres,” ujar Direktur IndoStrategi, Andar Nubowo saat mempresentasikan surveinya di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (2/4).

Munculnya dua nama dalam survei tersebut, kata Andar, lantaran para kandidat diklasifikasikan menjadi dua kelompok saat penelitian digelar, yakni golongan tua dan golongan muda.

Untuk kelompok tua, nama-nama yang muncul adalah Jusuf Kalla, Ketua Dewan Pertimbangan Golkar Akbar Tandjung, Ketua Umum DPP PAN Hatta Rajasa, mantan Menko Ekonomi Rizal Ramli, Ketua Umum DPP NasDem Surya Paloh, mantan KSAD TNI Ryamizard Ryacudu dan Meneg BUMN Dahlan Iskan.

Sedangkan golongan muda diwakili Gita Wirjawan, Ketua Dewan Syuro PBB Yusril Ihza Mahendra, politikus PKB Khofifah Indar Parawansa, Ketua DPP Golkar Hajriyanto Y Thohari, Ketua Bappilu Hanura Hary Tanoesudibyo, Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, mantan Ketua MK Mahfud MD, Anggota Dewan Pembina Demokrat Pramono Edhie Wibowo, Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan, Panglima TNI Moeldoko serta Presiden PKS Anis Matta.

Terkait calon presiden (capres) yang akan ikut serta dalam Pilpres mendatang, IndoStrategi memprediksi akan ada tiga nama, yakni Joko Widodo (PDI Perjuangan), Prabowo Subianto (Gerindra) dan Aburizal Bakrie (Golkar).

Dari cawapres muda, ungkap Andra, terdapat nama menarik yang mempunyai kapasitas sebagai pendamping tiga capres yang diprediksi akan bertanding dalam perebutan kursi RI-1 Indonesia. “Ada Yusril Ihza Mahendra, dan Khofifah. Namun, memang masih ada kekurangan dari dua nama tadi,” tandas dia.

Dalam melakukan penelitian itu, IndoStrategi memakai metode kualitatif pada 15 Februari – 25 Maret lalu dengan teknik indepth interview kepada 25 pakar bidang ekonomi, sosial, budaya, internasional dan pertahanan keamanan.

Berikut 3 besar cawapres golongan tua:
1. Jusuf Kalla
2. Akbar Tandjung
3. Hatta Rajasa

Berikut 3 besar cawapres golongan muda:
1. Gita Wirjawan
2. Yusril Ihza Mahendra
3. Khofifah Indar Parawansa. (P-19)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.