Home Nasional PPP Langgar Aturan Kampanye

PPP Langgar Aturan Kampanye

0

POROSNEWS.COM – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad mengaku sejauh ini pihaknya telah menerima laporan dari Panwaslu di berbagai daerah, terkait adanya aktivitas kampanye partai politik pada hari Nyepi.

“Saya sudah dapat informasi lisan dari teman-teman media dan saat ini sedang kita pastikan dan cek kebenarannya di Panwaslu daerah,” kata Muhammad di kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa (2/4).

Doktor ilmu politik alumnus Universitas Airlangga (Unair) tersebut menambahkan, kampanye terbuka pada Hari Raya Nyepi secara tegas dan jelas dilarang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). KPU RI sendiri sengaja meliburkan kampanye terbuka pada hari raya agama Hindu, dengan maksud untuk menghormati perayaan hari suci tersebut.

“Aturannya tidak dibenarkan karena  itu termasuk waktu yang  diliburkan oleh KPU, hari Nyepi pada tanggal  31 Maret lalu.  Jika memang ada partai yang nekat melakukan hal tersebut ya kami pastikan hal tersebut sebagai pelanggaran,” sambungnya.

Sebagai konsekuensi logis dari dilanggarnya aturan, tentu akan berbuah pada sanksi yang akan diterima partai politik bersangkutan.

“Intinya sanksi yang akan kita berikan sesuai aturan
Misalnya dia tidak boleh lagi berkampanye dalam  waktu yang  tersisa, atau ada rekomendasi lain yang  kita anggap penting untuk memberikan penindakan yang  tegas,” tutup Muhammad.

Untuk diketahui, partai politik yang melakukan kampanye terbuka pada hari raya Nyepi adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Partai pimpinan Suryadharma Ali tersebut menggelar kampanye terbuka di Provinsi Banten dan menghadirkan ribuan massa dalam acara tersebut. (P-20)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.