Home Nasional Formappi Nilai Kinerja dan Performa Anggota DPR RI 2009 – 2014…BURUK

Formappi Nilai Kinerja dan Performa Anggota DPR RI 2009 – 2014…BURUK

0

dprrusuhPOROSNEWS.COM – Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) telah merilis hasil kinerja dan performa anggota DPR RI periode 2009 – 2014 pada Kamis (3/4) lalu.
Berdasarkan hasil rilis yang dipaparkan lembaga swadaya masyarakat (LSM) penggiat demokrasi tersebut, semua kinerja anggota DPR mempunyai rapor buruk. Hanya ada seorang legislator yang dinilai mempunyai kinerja optimal, yaitu Bambang Soesatyo atau akrab disapa Bamsoet  yang juga anggota komisi III DPR RI.

“Bambang Soesatyo merupakan satu-satunya anggota Komisi III DPR yang dianggap berkinerja baik. Pasalnya, dalam setiap kegiatan seperti berhubungan atau berkomunikasi dengan konstituen, keaktifan, konsistensi dan akuntabilitasnya selalu mendapat poin dengan akumulasi total 7,28,” kata politisi partai Golkar Bambang Soesatyo melalui keterangan tertulis yang diterima PorosNews. Com, Jakarta, Jum’at (4/4).

Formappi membagi hasil kajiannya dalam lima predikat yakni, sangat baik dengan nilai 8,5-10, baik 7-8,5, cukup 5,5-6,9, buruk 4-5,4, dan sangat buruk 0-3,9.

Berdasarkan kajian Formappi yang diadakan menggunakan metode rapor berbasis data faktual terhadap 519 anggota DPR setelah dikurangi anggota yang meninggal, dan PAW dari 519 hanya 0,8 persen yang mendapat predikat sangat baik.

“Hanya 0,8 persen dari 519 yang dapat nilai sangat baik, dan hanya 5,6 persen mendapat nilai baik artinya 29 orang, yang cukup itu hanya 9,8 persen, yang buruk itu 22,5 persen atau 117 anggota, sisanya sangat buruk, ini secara keseluruhan,” kata Direktur Eksekutif Formappi Sebastian Salang.

Untuk diketahui,  para politisi-politisi yang kerap bersuara di media mengkritisi pemerintah dan lembaga penegak hukum seperti politisi PPP Ahmad Yani, politisi Partai Hanura Sarifuddin Sudding, dan politisi Partai Gerindra Desmond J Mahesa mendapat penilaian buruk. Bahkan Desmond menyandang predikat sangat buruk. Mayoritas seluruh anggota Komisi III dianggap berpredikat buruk. (P-19/FH)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.