Home Nasional Daerah Lima Kabupaten di Kaltim sudah Terima Soal UN

Lima Kabupaten di Kaltim sudah Terima Soal UN

0

un pendidikanPOROSNEWS.COM – Lima kabupaten di Provinsi Kaltim sudah menerima soal Ujian Nasional (UN) SLTA dan saat ini sudah berada di gudang Dinas Pendidikan masing-masing dengan aman karena dijaga aparat kepolisian setempat.

“Lima kabupaten yang sudah kami kirimkan soal UN dan sudah diterima itu adalah Mahakam Ulu, Kutai Barat, Kutai Timur, Malinau, dan Nunukan,” ujar Koordinator Distribusi Naskah UN Provinsi Kaltim Idhamsyah di Samarinda, Kamis.

Naskah atau soal yang dikirim itu sesuai dengan jumlah peserta UN SMA/MA, SMK, dan SMALB, termasuk soal UN untuk paket C dan paket C Kejuruan.

Sedangkan total peserta UN untuk jenjang SMA/MA dan SMALB di Kaltim sebanyak 19.389 siswa dan dari Kaltara sebanyak 4.539 peserta baik dari sekolah negeri maupun swasta.

Kemudian peserta UN dari SMK di Kaltim sebanyak 19.764 siswa yang tersebar di 200 sekolah baik negeri maupun swasta, sementara peserta dari Kaltara sebanyak 2.256 siswa yang tersebar di 22 sekolah negeri dan swasta.

Menurutnya, setelah Dinas Pendidikan Kaltim menerima naskah soal yang dikirim dari percetakan, kemudian pihakanya mendistribusikan soal ke sejumlah daerah mulai 1 April, terutama untuk kawasan pedalaman, perbatasan, dan daerah terpencil.

Pendistribusian ke daerah-daerah dilakukan dengan pengawalan kepolisian dan melibatkan perguruan tinggi, yakni dari Universitas Mulawarman Samarinda untuk memastikan bahwa soal tersebut aman.

Setelah soal tiba di dinas kabupaten yang dituju, kemudian naskah diserahterimakan, selanjutnya menjadi tanggung jawab kabupaten untuk menjaga keamanan soal dengan melibatkan Polres setempat.

Soal yang sudah diterima oleh lima kabupaten tersebut merupakan hasil pengiriman yang dilakukan mulai 1 April hingga Rabu, 2 April.

Hingga kini pihaknya masih akan terus melakukan pendistribusian naskah UN ke sejumlah kabupaten atau kota yang agak jauh dari Samarinda.

Sedangkan untuk daerah yang dekat dengan Samarinda atau daerah yang mudah dijangkau, pengiriman soal akan dilakukan pada 7 April, dan khusus untuk Balikpapan dan Samarinda distribusinya akan dilakukan pada 11 April atau empat hari sebelum pelaksanaan UN.

Pelaksanaan UN SMA dan yang sederajat akan digelar pada 14-16 April pada pagi hari, sedangkan pelasankaan UN untuk paket C dan C Kejuruan atau yang setara SLTA digelar pada siang hari di tanggal yang sama.(ant/pn)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.