Home Nasional Politik Kata Andrinof, SBY Tak Perlu Patuhi Aturan Bawaslu

Kata Andrinof, SBY Tak Perlu Patuhi Aturan Bawaslu

0

Andrinof-ChaniagoPOROSNEWS.COM – Pemerhati kebijakan publik Andrinof Chaniago mengatakan, Ketua umum DPP Partai Demokrat yang juga presiden Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhyono (SBY) tidak perlu hadir dalam acara pemanggilan kedua oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), terkait dugaan penggunaan fasilitas negara untuk berkampanye.

“Cukup seskab (sekretaris kabinet_red) saja yang hadir,” kata Andrinof  seusai diskusi publik dibilangan, Kalibata, Jakarta, Minggu (6/4).

Lebih lanjut Andrinof menjelaskan, jika hanya untuk dimintai keterangan terkait dugaan penggunaan fasilitas dan dana negara untuk berkampanye, maka cukup pihak protokoler dan sekretaris negara saja yang dimintai krafilikasi.

“Cukup Sudi saja (Sudi Silalahi_red). Kan dia yang kelola fasilitas negara. Jadi cukup dia yang dimintai keterangan, gak perlu SBY,” jelas direktur eksekutif Cyrus Survei Group tersebut.

Selain itu, Andrinof juga menjelaskan bahwa ke depan harus diatur tegas dan jelas apa yang dimaksud dengan fasilitas negara, kemudian fasilitas negara mana saja yang tidak boleh digunakan pejabat publik untuk berkampanye.

“Misalnya, fasilitas negara non kemanan itu harus dipertegas. Apa yang boleh digunakan, dan apa yang tidak boleh digunakan harus diatur tegas,” tutupnya.

Seperti diberitakan PorosNews sebelumnya, Bawaslu sendiri pada Jum’at lalu telah menjadwalkan memanggil Menseskan dan Presiden SBY untuk dimintai keterangan terkait penggunaan pesawat kepresidenan dalam acara kampanye dpp Partai Demokrat beberapa waktu lalu di Lampung.

Bawaslu sendiri menjadwalkan ulang pemanggilan Ketua Umum DPP PD, pada Senin (7/4). (P-20/JL)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.