Home PEMILU Masa Tenang, Harusnya Atribut Kampanye Dibuang

Masa Tenang, Harusnya Atribut Kampanye Dibuang

0

atribut-kampanye1POROSNEWS.COM –  Atribut kampanye partai politik dan calon anggota legislatif masih terpasang di beberapa daerah pada hari pertama masa tenang Pemilu 2014, Minggu.

Bendera-bendera partai politik dan spanduk bergambar calon anggota legislatif masih terlihat di beberapa bagian Jakarta.

Menurut Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten, peserta pemilu juga belum membersihkan alat peraga kampanye yang terpasang di pohon-pohon dan sarana umum di Banten.

Ketua Bawaslu Provinsi Banten Pramono U Tantowi mengatakan dia sudah meminta seluruh jajaran pengawas di kabupaten/kota berkoordinasi dengan aparat pemerintah untuk membersihkan atribut kampanye.

“Mulai hari ini secara serentak dilaksanakan di semua wilayah Provinsi Banten. Tidak ada toleransi, semua alat peraga kita rekomendasikan kepada aparat Pemda dalam hal ini Pol PP untuk diturunkan,” katanya.

“Kami meminta seluruh pengawas Pemilu untuk memastikan tidak ada lagi alat peraga kampanye yang terpasang. Kepada warga masyarakat untuk menginformasikan jika masih ada alat peraga yang terpasang di jalur jalan protokol atau lokasi lainnya,” katanya.

Alat peraga kampanye berukuran besar juga masih terlihat di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Asia, Jalan Pandu, Jalan Sudirman di Medan.

Ketua Divisi Pengawasan dan Humas Bawaslu Sumatera Utara Aulia Andri mengatakan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten/kota dan aparat pemerintah masih membersihkan alat-alat peraga kampanye.

Panwaslu Kota Medan masih memberikan kesempatan bagi partai politik dan calon anggota legislatif membersihkan alat kampanye mereka pada hari pertama masa tenang yang berlangsung 6-8 April.

Panwaslu Kabupaten Gorontalo Utara juga masih menemukan alat peraga kampanye di area publik.

Komisioner Divisi Pengawasan dan Humas Panwaslu Gorontalo Utara Jaharudin Umar mengatakan, pembersihan atribut kampanye sudah dilakukan sejak pukul 00.00 Wita masih fokus di ibu kota kabupaten, yaitu Kecamatan Kwandang dari ujung Desa Pontolo hingga Pelabuhan Kwandang.

Menurut laporan Panitia Pengawas Lapangan (PPL), masih banyak atribut parpol dan alat peraga kampanye terpasang di beberapa kecamatan, termasuk Kecamatan Tomilito.

Panwaslu kabupaten, menurut Jaharudin, sudah berkoordinasi dengan petugas di lapangan untuk membersihkan atribut kampanye dari ujung Buata Kecamatan Atinggola, hingga Cempaka Putih Kecamatan Tolinggula.

Di Kalimantan Selatan, atribut kampanye masih banyak terpasang di sekitar jalan raya Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Petugas terlihat sibuk membersihkan atribut kampanye partai-partai politik di jalan raya Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Tapin.

Atribut kampanye juga masih terlihat sekitar Sungai Rangas, Kecamatan Labuan Amas Selatan, dan dekat jalan menuju Kabupaten Banjar (71 km dari Banjarmasin). (P-21/ant)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.