Home Nasional Survei JSI Sebut Partai Demoktrat dan PKS Terkorup

Survei JSI Sebut Partai Demoktrat dan PKS Terkorup

0

PKS (1)POROSNEWS.COM – Meskipun baru 10 tahun berkuasa, namun rekam jejak dan kiprah partai Demokrat (PD) dalam kejahatan praktik korupsi sungguh luar biasa. Berdasarkan hasil survei teranyar Jaringan Survei Indonesia (JSI), partai besutan Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu, dinobatkan sebagai partai politik terkorup.

“72.2 persen responden pernah mendengar kader partai politik dari Partai Demokrat terlibat kasus korupsi,” kata Direktur Eksekutif JSI Widdi Aswindi dalam konfrensi persnya, di Jakarta, Ahad (6/4). 

Sedangkan untuk posisi kedua, ditempati oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebanyak 51.1 persen. Partai Golkar 42.6 persen, dan PKB 15.4 persen. 

“Untuk PAN sebanyak 14.3 persen, dan PPP 12.9 persen,” sambungnya.

Dalam temuan tersebut, JSI juga menjelaskan, jika iklan Partai Demokrat, menjadi iklan politik yang paling tidak disukai oleh publik. 

Alasan publik, tidak menyukai iklan partai berlambang segitiga biru tersebut disebabkan antara iklan partai yang tidak sejalan dengan realitas dan kinerja sesungguhnya di lapangan.

“Iklan partai yang paling tidak sejalan atau tidak sesuai dengan kinerja partainya, sebanyak 19,0% publik menilai Demokrat, kemudian disusul Golkar sebesar 4,7 % dan PKS sebesar 2,6%,” tutup Widdi.

Adapun pengumpulan data dilakukan sejak tanggal 24 – 30 Maret 2014, dengan teknik sampling Multistage Random sampling, jumlah sampel 1.200 responden.

Sementara margin of error sebesar ± 2.9 % dengan tingkat kepercayaan 95%. Semua populasi pemilih di Indonesia mempunyai peluang yang sama untuk terpilih sebagai responden.(Jalu/B/PNC).

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.