Home Nasional Atlet Indonesia di Luar Negeri Ikut Mencoblos

Atlet Indonesia di Luar Negeri Ikut Mencoblos

0

coblos atletPOROSNEWS.COM – Kementerian Pemuda dan Olahraga memfasilitasi atlet, yang sedang bertanding di luar negeri, untuk memberikan hak suaranya atau nyoblos pada Pemilihan Umum 9 April 2014.

“Kami berkoordinasi dengan pihak Kementerian Luar Negeri agar para atlet yang sedang berada di luar bisa ikut mencoblos,” ujar Deputi V bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot Dewa Broto di Jakarta, Senin.

Gatot mengatakan, Kemenpora tidak ingin menambah jumlah golongan putih (golput) dengan membiarkan para atlet yang tengah bertanding tidak mencoblos, sebaliknya Kemenpora ingin mengurangi angka golput.

“Kami ingin mendukung terselenggaranya pemilu dengan baik dan mengurangi angka golput. Maka, sejak sebulan lalu kami berikan nama-nama atlet yang akan bertanding di luar kepada pihak Kemenlu,” ujar Gatot.

Menurut Gatot, Kemenpora telah mengajukan seluruh nama atlet dari cabang olahraga terdaftar, yang bertanding di luar negeri, sehingga pada hari pemilihan, mereka bisa mencoblos di Kedutaan Besar Republik Indonesia tempat mereka bertanding.

Gatot menambahkan, kemungkinan besar, para atlet yang berada di luar negeri akan mencoblos lebih awal dari pelaksanaan pemilu yang dilakukan di Indonesia.

“Jadi, meskipun mereka kembali tanggal 9 April, mereka situasinya sudah memberikan hak suara. Jadi di Indonesia tidak perlu mencoblos lagi,” kata Gatot. (P-21/ant)

 

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.