Home Nasional JPPR: Batas Akhir Pemungutan Suara Pukul 13.00

JPPR: Batas Akhir Pemungutan Suara Pukul 13.00

0

pungutan suaraPOROSNEWS.COM – Jaringan Pendidikan dan Pemilih Rakyat (JPPR) masih menemukan adanya perbedaan waktu terkait batas akhir pemungutan suara pada hari – H Pemilu legislatif (pileg) tanggal 9 April 2014 mendatang.

Pemerhati pemilu JPPR, Masykurudin Hafidz menjelaskan berdasarkan pantauan yang dilakukan olehnya  di beberapa daerah di seluruh Indonesia masih ditemukan adanya klausul bahwa batas waktu pemungutan suara ‘dimulai pukul 07.00 sampai dengan selesai.

Padahal, berdasarkan UU No. 8 tahun 2012 tengang pemilu anggota DPR RI, DPD dan DPRD batas akhir penyaluran hak suara bagi pemilih adalah tepat pukul 13. 00 WIB.

“Temuan surat pemberitahuan memilih ini ada di Kota Depok, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kota Jakarta Selatan dan Kota Banda Aceh,” kata Masykur dalam keterangan tertulis yang diterima PorosNews. Com, Jakarta, Senin (7/4).

Bagi Masykur, ketidakjelasan waktu dapat pula berpotensi menjadi materi gugatan atas jaminan informasi pemungutan suara yang tidak pasti.

Ia juga menilai, masih ditemukannya surat pemberitahuan memilih yang tidak mencantumkan batas akhir pemungutan suara dapat membuka peluang pemilih untuk hadir setelah pukul 13.00 sehingga berpotensi menghilangkan  hak pilih karena pemilih datang setelah pemungutan suara ditutup.

“Oleh karena itu, KPU perlu memberikan informasi seluas-luasnya untuk menjamin kepastian waktu kepada seluruh KPPS terutama bagi daerah-daerah yang formulir C6nya tertulis “selesai” pada batas akhir waktu pemungutan suara. KPPS juga perlu memanfaatkan dua hari terakhir ini untuk mengumumkan waktu batas akhir pemungutan suara yaitu pukul 13.00 disamping mengumumkan hari pemungutan suara,” tutup Masykur. (P-20/Jl)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.