Home Nasional Kemampuan Pemimpin Nanti Harus mampu Mengadaptasi Dinamika ke depan

Kemampuan Pemimpin Nanti Harus mampu Mengadaptasi Dinamika ke depan

0

PKPIPBBPOROSNEWS.COM – Pengamat politik UIN Syarief Hidayatullah Jakarta, Gun Gun Heryanto mengatakan, ada tiga poin yang harus dilakukan pemerintah selanjutnya untuk menciptakan pemerintahan yang ideal.

“Pertama, harus ada satu pemrintahan yang punya kekuatan, mau dan mampu melakukan refleksitas organisasi. Satu birokrasi bukan hanya berorientasi masa lalu, tapi soal visi ke depan,” katanya dalam diskusi bertajuk “Pemerintahan Ideal Pasca Pemilu” di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/4).

“Ini tercermin dari bagaimana pemimpin yang kepilih punya kemampuan mengadaptasi dinamika-dinamika ke depan. Kalau enggak, maka pemimpin yang mengendalikan eksekutif akan terjebak pada program sporadis, temporer,” lanjut dia.

Kedua, kata Gun Gun, mampu mentransformasikan kelembagaan, kendati memaklumi reference power suatu figur. “Tapi kalau tidak ditransformasikan kepada lembaga, maka problem yang sama akan muncul lagi,” tegas akademisi kelahiran Cianjur, Jawa Barat ini.

Pentingnya transformasi kelembagaan, kata Gun Gun, karena merupakan kunci daya tahan birokrasi di tengah tekanan, baik yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Terakhir, tandas peraih gelar master ilmu komunikasi dari Universitas Indonesia (UI) itu, adalah menjaga harapan publik, pasca Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres). Sebab, selama ini, tak ada satupun pemimpin yang mampu mengelola ekspektasi masyarakat tersebut.

“Kemudian, kalau harapan publik habis, resikonya muncul birokrasi jalan, tapi tidak memunculkan kekitaan yang sangt kuat. Pemerintahan tidak mungkin sukses, kalau masyarakatnya tidak menjadi masyarakat partisipatoris. Posisi ini harus dijaga pemerintahan yang dihasilkan dari Pemilu,” papar Gun Gun. (FHS/PNC)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.