Home Nasional KPAI Tolak Sekolah Jadi TPS

KPAI Tolak Sekolah Jadi TPS

0

pemilihPOROSNEWS.COM – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) secara tegas menolak penggunaan sekolah untuk dijadikan tempat pemungutan suara (TPS) dalam pemilu legislatif (pileg) yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 April 2014 mendatang.

Menurut komisioner KPAI Susanto mengatakan,  pengunaan sekolah untuk TPS mempunyai dampak negatif yang begitu buruk. Padahal, penggunaan fasilitas sekolah utk TPS memiliki beragam  dampak negatif, diantaranya; berpotensi merusak fasilitas sekolah, berpotensi membuat arena sekolah menjadi kotor ( berpotensi sekolah menjadi korban  jika terdapat konflik/caos  politik di area TPS, berpotensi fasilitas sekolah menjadi berantakan pasca pemilu, berpotensi sekolah menjadi bias, jika pimpinan sekolah adalah tokoh masyarakat yang  cenderung mendukung calon tertentu, berpotensi sekolah menjadi alat pengkondisian suara tertentu.

“Karena itu, sekolah harus dilindungi dari segala kemungkinan negatif dari proses pemilu,” kata Susanto dalam keterangan pers yang diterima wartawa, Jakarta, Senin (7/4).

Ditambahkan Sutanto, untuk mencegah potensi negatif tersebut maka  KPAI meminta kepada KPU seluruh Indonesia dan Panitia TPS agar tidak menggunakan fasilitas sekolah sebagai lokasi TPS.

“Hemat saya, masih banyak tempat lain yang tidak berpotensi mengganggu anak mengakses pendidikan. Mengapa? Karena sekolah merupakan hak dasar anak, maka semua pihak harus menjadikan sekolah sebagai bagian prioritas yang kita lindungi keberadaannya, agar proses pendidikan anak bangsa tidak terganggu,” tutupnya. (P-20/JL)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.