Home Nasional Kriminal Polri Terjunkan 20 Ribu Personil Amankan Pemilu

Polri Terjunkan 20 Ribu Personil Amankan Pemilu

0

polisiPOROSNEWS.COM – Sebanyak 20 ribu personel polisi siap mengawal dan mengamankan jalannya pesta demokrasi di Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya. Hingga saat ini, tak ada ancaman atau gangguan dalam Pemilu 2014 di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Personel dan peralatan kami sudah siap. Ada kurang lebih 20 ribu personel yang diturunkan baik di TPS maupun stand by,” ujar Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Dwi Priyatno, usai memimpin Apel Kesiapan Pergeseran Pasukan Operasi Mantap Brata Jaya 2014, di Lapangan Ditlantas Polda Metro Jaya, Senin (7/4).

Dikatakan Dwi, dalam persiapan pengamanan Pemilu 2014, Polda Metro Jaya telah berkoordinasi dengan KPU, TNI dan Pemprov DKI Jakarta.

“Pemprov nanti yang menggerakan Linmas. Secara keseluruhan kami sudah siap mengamankan,” tegasnya.

Menyoal apakah ada ancaman dalam Pemilu atau pemungutan suara 9 April mendatang, Dwi menyampaikan, belum ada. Namun, pihaknya akan tetap mengantisipasi potensi yang kemungkinan muncul.

“Perkiraan ancaman itu tetap kita buat, dengan memperkirakan perkembangan situasi. Namun, Alhamdulillah sampai saat ini belum ada hal-hal yang mengancam atau mengganggu Pemilu. Kita akan antisipasi,” bilangnya.

Ihwal apakah sudah ada laporan atau ditemukan pelanggaran selama masa kampanye dan masa tenang, Dwi menuturkan ada satu laporan, namun pelakunya tak bisa dipertanggungjawabkan secara hukum karena tidak waras.

“Laporan sudah ada, tapi tidak cukup bukti sehingga kita tidak melanjutkan penyidikan ke Kejaksaan. Seperti, kemarin ada yang merusak bendera Parpol. Setelah kita periksa ternyata yang bersangkutan bukan orang yang bisa dipertanggungjawabkan secara hukum atau Pasal 44 KUHP (tidak waras),” tandasnya. (P-21/BST)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.