Home Nasional Daerah Soal Keamanan di Aceh, Bukan Tanggung Jawab KPU

Soal Keamanan di Aceh, Bukan Tanggung Jawab KPU

0

pileg acehPOROSNEWS.COM – Maraknya aksi penembakan yang berujung kematian di provinsi Nangroe Aceh Darussalam membuat prihatin banyak pihak. Terlebih, aksi kekerasan tersebut dilakukan menjelang dilaksanakannya pemilu legislatif (pileg).

Menanggapi hal tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menerima laporan dari jajaran KPU dibawahnya. Namun demikian, pihaknya tidak mempunyai otoritas dan kewenangan untuk menyatakan sebuah daerah, masuk dalam kategori aman atau rawan.

“Tidak mungkin kami disuruh tangani aksi kekerasan.  KPU tak punya otoritas, yang punya kewenangan adalah aparat keamanan,” kata Komisioner KPU RI Arief Budiman saat menggelar audiensi dengan perwakilan warga Aceh, bertempat di kantor KPU, Jakarta, Senin (7/4).

Mantan komisioner KPU Provinsi Jawa Timur tersebut menambahkan, semua tugas dan kewajiban yang dibebankan KPU dalam menyelenggarakan pemilu sudah dilakukan semua.

Dari segi kelengkapan jajaran pengurus dan personil, semua pos penyelenggara pemilu di Provinsi paling barat Indonesia sudah terpenuhi semua. Kemudian dari sisi kelengkapan dan distribusi logistik keperluan pemilu juga sudah tiba di Aceh.

“Intinya dari segi penyelenggara KPU sudah siap semua. Kalau dari sisi lain, semisal keamanan itu jadi ranah dan tanggung jawab institusi terkait,” tutup Arief. (PN/JL)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.