Home DUNIA Ternyata Pangkalan Militer Diego Garcia Terungkap Pasca MH 370 Hilang

Ternyata Pangkalan Militer Diego Garcia Terungkap Pasca MH 370 Hilang

0

POROSNEWS.COM – Ini adalah berita yang kamu kutip sengaja dari laman Voa-islam.com, tanpa mengeditnya kami pun naikna untuk Anda. Sebuah dugaan yang beredar di media saat ini beranggapan bahwa pesawat milik maskapai Malaysia Airlines itu sempat mendarat dan disembunyikan di Pangkalan Militer Rahasia Angkatan Udara milik Amerika Serikat, Diego Garcia yang berada di Samudera Hindia.

 
 
 
Pangkalan Militer di Diego Garcia hingga kini masih menjadi aset penting bagi AS, pesawat-pesawat pembom B-52H Stratofortress dan B-1B terparkir lengkap dengan ribuan rudal  yang mampu menghancurkan sebuah negara. Saat perang dunia ke II tahun 1942, Inggris memanfaatkan Diego Garcia sebagai markas angkatan udara yang bertugas melakukan pemburuan kapal selam dan kapal perang Jepang di Samudera Hindia.
 
Pangkalan Militer Diego Garcia (© AFP)
Sebagai pulau karang terpencil di tengah samudera, pulau ini sangat tepat untuk dijadikan pangkalan rahasia bagi Amerika Serikat. Sejumlah operasi militer seperti perang Teluk tahun 1991, Perang Afghanistan tahun 2001 dan Perang Irak tahun 2003 memanfaatkan Pulau Diego Garcia sebagai tempat penting untuk melakukan serangan taktis di kawasan teluk dan Afghanistan.
 
Pangkalan Militer Diego Garcia (© AFP)
Terletak di koordinat 7°18′48″ LS dan 72°24′40″ BT, pulau ‘terlarang’ ini dinamakan sesuai penemunya, yaitu pelaut asal Spanyol Diego García de Moguer. Hanya anggota militer Inggris dan AS yang kemudian berhak mendiami kawasan ini. Praktis, pulau ini menjadi tertutup dan terkesan ‘misterius’.
 
Keberadaan pangkalan ini sudah ada sejak 1966, berdiri di tanah milik Inggris yang luasnya 44 km2, Amerika Serikat menempatkan pesawat-pesawat pembomnya beseerta kapal perang penghancurnya yang canggih dan modern untuk mengawasi dunia.
 
Pangkalan Militer Diego Garcia (© AFP)
Sebagai daerah militer, Pulau Diego Garcia tentu memiliki landasan pacu. Hanya pesawat komersial yang bermesin ganda yang bisa mendarat di lokasi ini. Sementara, jenis pesawat berbadan lebar yang bisa mendarat di Pulau Diego Garcia adalah Airbus A330, Boeing 767, ataupun Boeing 777.
(acw/voa-islam.com/pnc)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.