Home Nasional Hukum 8 Area Ini Rawan Rusuh Saat Pemilu

8 Area Ini Rawan Rusuh Saat Pemilu

0

IPWPOROSNEWS. COM – Indonesia Police Watch (IPW) menilai ada 8 daerah di seluruh Indonesia yang rentan konflik atau rawan terjadinya kerusuhan, selama proses pemilu legislatif (pileg) berlangsung.

Presidium IPW, Neta. S. Pane mengatakan, potensi terjadinya kerusuhan dalam pemilu adalah pada saat penghitungan maupun pasca penghitungan suara Pemilu 2014.

“Setidaknya ada 8 daerah rawan yang perlu diantisipasi Polri, Yakni ibukota Jakarta, Aceh, Sumatera Selatan , Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat,  Sulawesi Tengah , Maluku, dan Papua,” kata Neta dalam siaran pers yang diterima PorosNews. Com, Jakarta, Selasa (8/4).

Lebih lanjut IPW menilai terjadinya konflik di 8 daerah itu tak terlepas dari keteledoran pimpinan kepolisian di daerah tersebut  yang  tidak mencermati dan tidak melakukan deteksi dini maupun antisipasi dini secara maksimal.

Berbagai konflik yang terjadi ini menjadi potensi ancaman bagi situasi keamanan dan ketertiban nasional  di sepanjang proses Pemilu 2014. Atas dasar itulah Mabes Polri perlu mencermati 8 daerah tersebut.

“Untuk itu setelah proses Pemilu 2014 selesai, Kapolri perlu mengevaluasi dan mengganti para Kapolda dan Kapolres yang gagal menjaga situasi kamtibmas di wilayahnya,” tutup Neta. (PN-20/JL)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.