Home Nasional DPT Invalid Picu Kecurangan Pemilu

DPT Invalid Picu Kecurangan Pemilu

0

dpt invalidPOROSNEWS. COM – Pemerhati pemilu Komite Pemilih Indonesia (Tepi) Jeirry Sumampow mengatakan, potensi terjadinya kecurangan dalam pelaksanaan pemilu 2014 cukup besar.

“Salah satu instrumen yang akan digunakan adalah data DPT (daftar pemilih tetap_red) yang invalid,” kata Jeirry dalam sebuah diskusi publik dibilangan Tebet, Jakarta, Selasa (8/4).

Penggiat demokrasi yang juga tergabung dalam organisasi Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) menambahkan, sebagai penyelenggara pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sendiri tidak pernah menjelaskan secara rinci soal jumlah pasti DPT.

KPU, sambung Jeirry hanya berbicara dalam skala global terkait jumlah DPT yang telah diperbaiki dan diberikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Nah selisih data itulah yang akan dimanfaatkan pihak tertentu untuk menambah suara dan melakukan kecurangan,” jelasnya.

Kendati menyebut pemilu 2014 bakal curang, namun Jeirry enggan menyebut partai politik mana yang bakal melakukan praktik kecurangan tersebut. Ia hanya menghimbau kepada partai politik sebagai peserta pemilu untuk fokus dalam memelototi setiap aksi yang menjurus pada praktik kecurangan dalam pemilu.

Bukan hanya itu, ia juga mengingatkan potensi terjadinya kecurangan dalam pemilu bisa juga melibatkan penyelenggara pemilu diberbagai tingkatan. Modus yang dilakukan yakni, partai politik atau para caleg menyuap penyelenggara pemilu dengan uang atau benda lain. Aksi suap tersebut akan dikonversi dengan perolehan jumlah surat suara bagi si penyuap.

Dugaan Jeirry semakin diperkuat dengan pengakuan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie yang menjelaskan jika penyelenggara pemilu diberbagai daerah telah menjadi ‘calo’ partai politik dan siap mengamankan perolehan suara partai politik atau caleg tertentu.

“Dan kalau ada niat manipulatif dari penyelenggara pemilu, praktik kecurangan dalam pemilu pasti terjadi,” tutupnya. (PN-20/JL)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.