Home Nasional Kriminal Polisi Sita Uang Ratusan Juta “Serangan Fajar”

Polisi Sita Uang Ratusan Juta “Serangan Fajar”

0

uang suapPOROSNEWS. COM – Pimpinan Bawaslu divisi  sosialiasi humas dan hubungan antar lembaga, Nasrullah  memerintahkan kepada Panwaslu Kabupaten Gunung Kidul untuk mengusut tuntas temuan ratusan juta uang tunai oleh aparat kepolisian setempat pada masa hari tenang menjelang dihelatnya pemilu legislatif (pileg) pada tanggal 9 April mendatang.

“Harus segera diungkap kasus tersebut,” kata Nasrullah saat menggelar jumpa pers di kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa (8/4).

Mantan komisioner KPU Provinsi D.I. Yogyakarta tersebut menambahkan, pihaknya enggan berspekulasi jika temuan ratusan juta uang tunai tersebut akan digunakan untuk praktik ‘serangan fajar’ menjelang dihelatnya pileg yang dalam tinggal hitungan jam saja.

Namun demikian, pihaknya juga menghimbau kepada publik dan Panwaslu diberbagai daerah untuk melaporkan temuan atau terjadinya praktik politik uang.

“Demikian halnya jika ada temuan di provinsi lain, jika ada temuan yang sama, ada praktek yang  mencederai proses pemilu kita akan  lakukan tindakan. Di provinsi Jambi ada laporan  panwas setempat  yang  terkena peluru, Bawaslu RI akan turun langsung memberikan dukungan,” tutupnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Petugas Kepolisian Resor Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengamankan uang tunai sebanyak Rp510 juta saat operasi cipta kondisi, Minggu (6/4).

Panitia pengawas pemilu (panwaslu) menduga uang tersebut akan digunakan sebagai politik uang karena di dalam mobil ditemukan atribut calon anggota legislatif (caleg).

Dari informasi yang dihimpun penemuan uang tersebut diamankan saat kepolisian melakukan operasi cipta kondisi di kawasan hutan Bunder, Playen. Petugas  menemukan uang tunai yang diletakkan dalam kantong besar dalam mobil Avanza yang ditumpangi tiga orang.

Selain uang di dalam mobil, ditemukan atribut Partai Amanat Nasional (PAN) berupa kaos, form pengaderan relawan, form pelatihan relawan, contoh surat suara dan dokumen caleg di wilayah DIY yakni Hanafi Rais dan Arif Setiadi serta beberapa caleg lain.

Uang tersebut terdiri dari pecahan Rp5.000 senilai Rp200 juta dan pecahan Rp10.000 senilai Rp300 juta. (PN/JL)

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.