Home Nasional Sistem Pemilu Proporsional Cegah “Money Politic”

Sistem Pemilu Proporsional Cegah “Money Politic”

0

politik uangPOROSNEWS.COM – Wakil Ketua MPR, Hajriyanto Y Thohari meyakini sistem proposional tertutup dalam Pemilu Legislatif (Pileg) dapat mencegah politik uang.

“Sistem Pemilu proporsional tertutup adalah yang paling cocok dengan watak bangsa dan paling paralel dengan bangsa yang sangat majemuk ini,” ujarnya saat dihubungi di Jakarta, Selasa (8/4).

Selain itu, Hajriyanto menekankan, diperlukan juga seleksi ketat untuk menempatkan kadernya sebagai caleg dalam Pileg. “Juga harus melaksanakan kaderisasi yang baik dan sistemik. Parpol juga harus bersih dari nepotisme,” tegas Ketua DPP Golkar ini.

Sebelumnya, Hajriyanto menyebut, tingginya angka politik uang sebagaimana rilis yang disampaikan Indonesia Corruption Watch (ICW), Ahad (5/4) lalu, merupakan kecacatan demokrasi di Indonesia. Terlebih, sudah menjadi tradisi dalam hajat Pemilu.

“Sudah menjadi budaya seperti korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Karena sudah jadi tradisi, maka caleg yang tidak membagi-bagi amplop justru yang dianggap abnormal,” tandas mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah ini. (PN-19/FH)
_____________

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.